Electronic Resource
Pembelajaran Materi Lingkaran Melalui Pendekatan Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatnkan Prestasi Belajar Siswa Kelas Viii SMPN 01 Wagir
Proses kegiatan belajar mengajar sangat ditentukan oleh kerjasama antara guru dan siswa. Model pembelajaran yang dilakukan guru dan keaktifan siswa sangat berpengaruh untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Dari hasil observasi peneliti di SMPN 01 Wagir dalam pembelajaran matematika siswa masih terlihat kurang aktif, mereka hanya duduk mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan guru. Mereka malu untuk mengungkapkan pendapat ataupun bertanya. Jika ada yang tidak dipahami mereka cenderung bertanya kepada teman. Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu model pembelajaran yang cocok digunakan adalah Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Secara khusus STAD merupakan metode pembelajaran yang menekankan pada adanya aktivitas antara siswa untuk saling berinteraksi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII-G SMPN 01 Wagir melalui model Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, (4) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, catatan lapangan, dan angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum pemberian tindakan prestasi belajar siswa mencapai 65.6%, setelah pemberian tindakan pada siklus I prestasi belajar siswa mencapai ketuntasan 75%, dan pada siklus II prestasi belajar siswa mencapai ketuntasan 87.5%. Langkah-langkah pembelajaran dalam penelitian ini adalah: (1) menyampaikan tujuan pembelajaran (2) memotivasi siswa (3) pembentukan kelompok (4) penyampaian materi secara garis besar (5) membagikan LKK yang berciri penemuan dan masing-masing kelompok mengerjakan LKK (7) presentasi hasil LKK (8) tes individu dan (9) pemberian penghargaan kepada kelompon terbaik.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran matematika melalui Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, disarankan kepada ,guru matematika dan peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan aktivitas kelompok yang bervariasi agar siswa tidak bosan, serta melaksanakan penelitian pada sekolah yang lain dan materi yang lain sehingga diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektivitas metode pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD).
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain