Electronic Resource
Pembelajaran Himpunan Dengan Metode Kooperatif Model Team Games Tournamet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 4 Lawang
Matematika dari tahun ke tahun berkembang semakin meningkat sesuai dengan tuntutan zaman. Tuntutan zaman mendorong manusia untuk lebih kreatif dalam mengembangkan atau menerapkan matematika sebagai ilmu dasar. Diantara pengembangan yang dimaksud adalah masalah pembelajaran matematika. Pemilihan metode pembelajaran matematika yang tepat dapat berdampak baik pada hasil belajar matematika siswa. Metode pembelajaran yang dipercaya dapat menumbuhkan minat siswa adalah metode pembelajaran Team Games Tournament. Dengan metode pembelajaran ini diharapkan belajar matematika lebih menyenangkan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran himpunan dengan metode kooperatif model Team Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 4 Lawang.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 4 Lawang semester genap tahun ajaran 2012/2013. jumlah siswa adalah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, tes, wawancara dan catatan lapangan. Selanjutnya data-data tersebut akan dianalisis secara kualitatif.
Pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament akan berhasil dengan baik dengan melalui 7 tahap yaitu (1) pembentukan kelompok; (2) diskusi kelas; (3) presentasi kelompok; (4) permainan kelompok; (5) turnamen antar kelompok; (6) evaluasi; (7) pemberian hadiah pemenang turnamen
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament terbukti dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP N 4 Lawang pada materi himpunan dan respon siswa sangat baik. Hal ini dapat ditujukkan dengan peningkatan hasil belajar siswa yaitu lebih dari 85% dari jumlah siswa mendapatkan skor ≥ 75. Dan dapat dilihat dari prosentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu dari 80% menjadi 93,33% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model Team Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 4 Lawang.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain