Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing pada Materi Himpunan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-A SMP Negeri 1 Pakisaji
Matematika secara garis besar dibagi ke dalam 4 cabang yaitu aritmetika, aljabar, geometri, dan analisis. Salah satu materi aljabar yaitu himpunan tujuan yang ingin dicapai yaitu siswa dapat menggunakan aturan-aturan himpunan dan membuat diagram venn suatu himpunan juga dapat melakukan operasi irisan dan gabungan serta dapat menggunakan sifat-sifat operasi himpunan. Namun berdasarkan fakta di lapangan menunjukkan bahwa nilai ulangan harian siswa pada materi himpunan masih di bawah nilai yang distandarkan sekolah yaitu 70. Selain itu, siswa juga kurang mampu berperan aktif dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, perlu adanya kegiatan pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Pakisaji. Tujuan penelitian yang akan dicapai adalah mendeskripsikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing pada materi himpunan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Pakisaji. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah (1) Data tentang hasil kegiatan peneliti dan siswa pada saat pembelajaran tipe kancing gemerincing, (2) Data tentang hasil belajar siswa yang diambil dengan memberikan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan memberikan LKK sebagai media belajar dan siswa berdiskusi bersama kelompok. Guru memberikan pengawasan dengan menegur anggota kelompok yang kurang aktif, dan memberikan bimbingan dengan memberikan pertanyaan untuk memancing siswa untuk menemukan jawaban. Skor rata-rata dan persentase ketuntasan belajar dari hasil tes akhir setiap siklus, yaitu siklus I mencapai persentase ketuntasan 75% dengan rata-rata nilai 73.50. Demikian juga pada tes akhir siklus II mencapai persentase ketuntasan 96.4% dengan rata-rata nilai 80.64. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe kancing gemerincing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-A SMP Ngeri 1 Pakisaji.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain