Electronic Resource
Penerapan RME (Realistic Mathematics Education) Dalam Model Pembelajaran Talking Stick Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII – C SMP Islam Gondanglegi
Skala dana perbandingan merupakan materi yang hampir semuanya menyangkut permasalahan kehidupan sehari-hari dan menggunakan banyak contoh dalam kehidupan nyata. Namun dalam proses pembelajaran di kelas siswa mengalami kesulitan sehingga motivasi belajar dan prestasi belajar menjadi rendah. Setelah diteliti siswa tidak terlalu banyak memperhatikan penjelasan guru. Dengan demikian rendahnya motivasi dan prestasi belajar dapat diatasi dengan melibatkannya peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang variatif. Salah satu model yang didapat digunakan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pembelajaran model Talking Stick yang dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar skala dan perbandingan
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelian ini adalah peserta didik kelas VII-C SMP Islam Gondanglegi semester ganjil tahun ajaran 2012-2013 terdiri atas 31 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, catatan lapangan, dan soal tes. Prestasi belajar dilihat dari hasil tes akhir siklus.
Penelitian ini dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap awal merupakan tahap pendahuluan, tahap inti adalah pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran model Talking Stick, dan tahap akhir peneliti menyimpulkan dari pembelajaran yang telah dilakukan. Berdasarkan kegiatan pembelajaran dinyatakan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model Talking Stick dapat meningkat. Terlihat pada persentase ketuntasan klasikal hasil belajar dari pratindakan, siklus I dan siklus II berturut-turut yang meningkat yaitu 25,81%, 83,87%, dan 93,54%.
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru matematika untuk mengajarkan matematika khususnya materi skala dan perbandingan dengan menerapkan pembelajaran model Talking Stick sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang variatif.
| 00126/SB | KKI 510 TIM | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain