Electronic Resource
Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI TKJ SMK PGRI Lawang Dengan Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Berbasis PowerPoint
Dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika, maka seorang guru mempunyai peranan penting dalam membantu kesulitan belajar siswa. Seorang guru, agar dapat menyajikan materi matematika dengan baik perlu menguasai bahan ajar matematika yang akan diajarkannya. Bahan ajar mempunyai keterkaitan dengan media pembelajaran. Media pembelajaran yang interaktif, menyenangkan, dan menarik minat siswa ialah PowerPoint yang memungkinkan guru mengajar lebih optimal. Selain itu, guru hendaknya dapat memilih pendekatan belajar yang paling tepat untuk peserta didiknya antara lain pendekatan CTL, merupakan suatu konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas XI TKJ SMK PGRI Lawang dengan menggunakan pendekatan Pendekatan CTL Berbasis PowerPoint. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK PGRI LAWANG tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 12 orang siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, angket, cacatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan cara persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Rata-rata hasil belajar siswa yang memperoleh nilai minimum 70 meningkat dari 83,33% siswa pada tindakan siklus I menjadi 100% pada tindakan II, (2) Siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL Berbasis PowerPoint. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran matematika dengan pendekatan CTL Berbasis PowerPoint cukup efektif diterapkan dalam meningkatkan prestasi pembelajaran matematika di kelas.
| 00127/SB | KKI 510 SLA | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain