Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Melalui Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Siswa Kelas XI-A di SMK PGRI Pakisaji Malang

Electronic Resource

Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Melalui Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Siswa Kelas XI-A di SMK PGRI Pakisaji Malang

Nanik Yuli Astutik - Nama Orang; Sri Hariyani, S.Pd, M.Pd - Nama Orang; Denanda Gaharin, S.SI, S.Pd, M.Pd - Nama Orang;

Penggunaan metode mengajar yang tepat terhadap materi yang diajarkan, merupakan suatu alternatif mengatasi masalah rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap pelajaran matematika. Salah satu metode yang diterapkan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa dengan melibatkan siswa secara aktif dan komunikatif serta berfikir kritis adalah menggunakan metode penemuan terbimbing. Pada metode penemuan terbimbing diharapkan mampu memancing sikap ilmiah siswa (aktif, berfikir kreatif, logis, tanggung jawab, rasa ingin tahu, dan komunikatif) selama proses pembelajaran dan mengurangi kecenderungan guru untuk mendominasi pembelajaran. Salah satu strategi guru yang dapat digunakan adalah memberikan lembar kerja siswa, dimana lembar kerja siswa tersebut berisi sebuah permasalahan atau soal yang harus dipecahkan oleh siswa dengan arahan dan bimbingan dari guru. Dengan metode pembelajaran ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa terhadap materi yang diajarkan, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran Barisan dan Deret Aritmetika yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas XI-A SMK PGRI Pakisaji Malang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam satu tindakan yang terdiri dari dua pembelajaran (dua siklus). Setiap pembelajaran terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XI-A SMK PGRI Pakisaji Malang semester genap tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar kerja siswa, lembar observasi guru, lembar observasi siswa, catatan lapangan, lembar soal tes akhir, dan lembar pedoman wawancara.
Tingkat pemahaman siswa dapat diketahui dari hasil tes akhir dan pada saat wawancara siswa. Jika hasil tes akhir lebih baik daripada hasil tes sebelumnya,
maka dapat dikatakan siswa mengalami peningkatan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) nilai rata-rata hasil tes meningkat 75,26 pada pembelajaran I menjadi 85,26 pada pembelajaran II; (2) presentase ketuntasan hasil tes meningkat dari 73,68% siswa pada pembelajaran I menjadi 100% siswa pada pembelajaran II.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa penerapan metode pembelajaran penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman
konsep matematika siswa kelas XI-A SMK PGRI Pakisaji Malang. Saran dari penelitian ini adalah penerapan metode penemuan terbimbing tidak harus berdiri
sendiri (dapat dikolaborasikan dengan model-model pembelajaran), dan metode ini perlu dilakukan oleh guru untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa


Ketersediaan
00128/SBKKI 510 ASTPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 AST
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xx
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Penerapan Metode Penemuan Terbimbing
Pemahaman Konsep Matematika Siswa
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Melalui Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Siswa Kelas XI-A di SMK PGRI Pakisaji Malang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik