Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Aktif Tipe Question Student Have Pada Materi Pokok Bangun Datar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIC Smp Islam Hasanuddin Kesamben
Pada proses pembelajaran pendidikan matematika, siswa seharusnya dapat berperan aktif dalam mengemukakan keinginan dan harapannya sebagai dasar untuk memaksimalkan potensi yang mereka miliki. Siswa diharapkan mampu mengemukakan pertanyaan-pertanyaan terhadap materi yang disajikan guru sehingga teori-teori yang dipelajari dapat dipahami secara maksimal dan pada akhirnya implementasi dari teori-teori yang dapat berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran pendidikan matematika. Untuk mengajarkan materi pendidikan matematika menjadi lebih menarik diperlukan satu metode yang aktif dan kreatif. Sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai secara maksimal.
Pada proses pembelajaran kelas VIIC SMP Islam Hasanuddin Kesamben pada materi pokok bangun datar, dalam proses pembelajaran belum memiliki interaksi belajar yang mengoptimalkan segala aspek dan infrastruktur yang ada. Artinya bahwa siswa belum mencapai belajar secara bersama dan saling tukar pikiran dalam proses pembelajaran. Siswa hanya menjadikan guru sebagai sumber belajar khususnya mata pelajaran matematika dan penyampaian materi masih didominasi oleh guru sehingga tidak memancing siswa untuk mengkonstruk pertanyaan. Salah satu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah metode pembelajaran aktif tipe Question Students Have. Metode pembelajaran Questions Students Have adalah pembelajaran yang menekankan pada siswa untuk aktif dan menyatukan pendapat dan mengukur sejauh mana siswa memahami pelajaran melalui pertanyaan tertulis.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: Mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran aktif tipe Question Student Have (QSH) pada materi bangun datar yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas VIIC SMP Islam Hasanuddin Kesamben.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini dalah kelas VIIC SMP Islam Hasanuddin Kesamben sebanyak 28 siswa. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi: 1) Observasi, 2) Tes, 3) Angket, dan 4) Catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mereduksi data, penyajian data, dan penarikkan kesimpulan.
Penerapan metode Active Learning Tipe Question Student Have (QSH) dalam pembelajaran matematika kelas VIIC SMP Hasanuddin Kesamben pada materi bangun datar (persegi dan persegi panjang) dibagi menjadi tiga tahap yaitu tahap awal, inti dan akhir. Pada tahap awal guru menggali pengetahuan siswa terhadap materi bangun datar, pada tahap inti guru menjelaskan materi, setelah materi terseleseikan maka guru menjelaskan tentang metode Question Student Have (QSH). Pada tahap ini siswa dibagi kedalam kelompok secara heterogen, setiap siswa dalam kelompok diwajibkan untuk menulis pertanyaan yang mereka tidak mengerti atau kurang paham tentang materi persegi dan persegi panjang pada selembar kertas, kemudian kertas tersebut diputar searah jarum jam dan ketika masing-masing potongan kertas dibagikan kepada siswa berikutnya. Kertas yang mendapatkan contreng terbanyak, berisi pertanyaan yang sedang dihadapi siswa. Guru dan siswa bersama-sama menjawab pertanyaan pada kertas yang memperoleh tanda cheklist terbanyak dalam setiap kelompok. Pada tahap akhir guru memberikan tes dan menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.
Penerapan metode pembelajaran Question Student Have (QSH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada tahap pratindakan hasil ketuntasan belajar siswa adalah 68% dengan nilai rata-rata 75,14. Pada siklus I belum ada peningkatan yaitu 63% siswa yang tuntas namun pada siklus II hasil ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan yaitu 85% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 81,763.
Hasil yang diperoleh tersebut, penerapan metode pembelajaran tipe Question Student Have (QSH) sebaiknya dikembangkan pada pokok bahasan yang lain untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika.
| 00130/SB | KKI 510 0DE w | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain