Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii B Mts Mambaul Ulum Tahun Pelajaran 2012/2013

Electronic Resource

Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (Nht) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Viii B Mts Mambaul Ulum Tahun Pelajaran 2012/2013

Riang Retno Setiawan - Nama Orang; Drs. Sumadji., M.Pd. - Nama Orang; Dra. Retno , Marsitin M.Pd - Nama Orang;

Pelajaran matematika dipandang sebagai bagian ilmu-ilmu dasar yang berkembang pesat baik isi maupun aplikasinya serta dapat menumbuhkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis, sistematis, logis, kreatif dan kemampuan bekerja sama yang efektif. Walaupun demikian kenyataan menunjukkan selama ini hasil belajar matematika belum menunjukkan hasil yang memuaskan. Hal tersebut disebabkan oleh karakteristik matematika itu sendiri yakni konsep-konsep umumnya bersifat abstrak. Untuk itu perlu dihadirkan suatu strategi pembelajaran yang tepat untuk memotivasi siswa serta melibatkannya dalam proses pembelajaran. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode pembelajaran kooperatif NHT, karena dengan metode pembelajaran ini diharapkan belajar matematika menjadi menyenangkan dan menjadi lebih bermakna bagi siswa. Pembelajaran kooperatif NHT akan berhasil dengan baik dengan melalui tahap pra kegiatan pembelajaran dan detail kegiatan pembelajaran. Pra kegiatan pembelajaran menggambarkan hal-hal yang perlu dipersiapkan dan rencana kegiatan. Sedangkan detail kegiatan pembelajaran menggambarkan secara rinci aktifitas pembelajaran yang tercantum dalam rencana kegiatan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa kelas VIII B MTs Mambaul Ulum, (2) Untuk mengetahui respon siswa kelas VIII B MTs Mambaul Ulum terhadap pembelajaran himpunan melalui metode pembelajaran tipe NHT.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII B MTs Mambaul Ulum tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 39 orang siswa yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen, skor tes siswa, observasi, angket, dan cacatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan carapersentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Rata-rata hasil prestasi belajar siswa yang memperoleh nilai ≥ 70 meningkat dari 76,9% siswa pada siklus I menjadi 85,4% pada siklus II, (2) Siswa memberikan respon yang positif dalam pembelajaran matematika dengan metode koopratif NHT. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran koperatif NHT dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika siswa kelas VIII B MTs Mambaul Ulum.


Ketersediaan
00112/SBKKI 510 SET p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 SET p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
viii, 94hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa VIII B MTs Mambaul Ulum Tahun Pelajaran 2012/2013
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik