Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linear Dan Kuadrat Kelas X SMA Islam An-Nuuru Tirtoyudo Kabupaten Malang
Kesuksesan dalam pelajaran matematika dapat ditunjukkan dengan hasil belajar yang baik. Namun, terdapat beberapa kendala yang mempengaruhi tercapainya kesuksesan tersebut. Diantaranya siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran. Beberapa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa, salah satunya adalah model numbered head together (NHT). Numbered Head Together (NHT) adalah sebuah variasi diskusi kelompok dengan ciri khasnya adalah guru hanya menunjuk seorang siswa yang mewakili kelompoknya tanpa memberitahu terlebih dahulu siapa yang akan mewakili kelompoknya tersebut. Sehingga cara ini menjamin keterlibatan total semua siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana hasil belajar matematika siswa menggunakan model numbered head together. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan pada siswa kelas X SMA Islam An-Nuuru Tirtoyudo Kabupaten Malang yang terdiri dari 23 siswa.
Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpul data dilakukan dengan menggunakan (1) lembar observasi guru dan siswa, (2) catatan lapangan, (3) wawancara, (4) tes individu.
Pembelajaran kooperatif model numbered head together dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu (1) kegiatan awal, (2) kegiatan inti, dan (3) kegiatan penutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif model numbered head together dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Islam An-Nuuru Tirtoyudo Kabupaten Malang pada pokok bahasan sistem persamaan linear dan kuadrat. Hal ini dapat ditunjukkan dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari data pratindakan, pembelajaran I, dan pembelajaran II. Berdasarkan ketuntasan belajar klasikal diperoleh hasil presentase sebesar 60,86%, 78,26%, dan 82,6%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif model numbered head together dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Islam An-Nuuru Tirtoyudo Kabupaten Malang pada pokok bahasan sistem persamaan linear dan kuadrat.
00111/SB | KKI 510 QUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain