Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran
Think Talk Write Berbasis Kontekstual 
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
 Pada Pokok Bahasan Peluang
Kelas Xi Tkr-3 Smk Negeri 10 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Peluang Kelas Xi Tkr-3 Smk Negeri 10 Malang

Nurwahyuni - Nama Orang; Timbul Yuwono, S.Si, M.Pd - Nama Orang; Zaini S.Pd, M.Pd - Nama Orang;

Mata pelajaran matematika pada sekolah menengah atas bertujuan agar siswa memiliki beberapa kemampuan, salah satu diantaranya adalah (1) menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan manipulasi matematika dalam membuat generalisasi, menyusun bukti, atau menjelaskan gagasan dan pernyataan matematika, (2) memecahkan masalah yang meliputi kemampuan memahami masalah, merancang model matematika, menyelesaikan model dan menafsirkan solusi yang diperoleh. Untuk mencapai tujuan itu, matematika yang diberikan meliputi materi logika, aljabar, geometri, Trigonometri, kalkulus serta statistik dan Peluang. Kompetensi yang akan dicapai dalam masing-masing materi salah satu diantaranya pada materi Peluang yaitu menggunakan aturan pengisian tempat ,permutasi, kombinasi dalam menyelesaikan masalah. Disamping itu materi peluang merupakan materi yang sangat penting dalam kehidupan sehari – hari karena siswa sering terlibat dalam menggunakannya. Memperhatikan dari seringnya siswa berhubungan dengan peluang ironisnya Siswa masih menghadapi permasalahan dalam materi peluang yaitu sulit memahami konsep peluang. Siswa hanya menghafal rumus tidak memahami konsep peluang secara keseluruhan. Memperhatikan permasalahan yang dihadapi oleh siswa dan tujuan pembelajaran pada materi peluang tersebut, maka diperlukan model pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruk pengetahuan dan mengkomunikasikan ide-idenya. Model yang di maksud dan tidak diragukan lagi hasilnya yaitu model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbasis konstektual.
Penelitian dilaksanakan di SMKN 10 Malang dengan subyek penelitian adalah kelas XI TKR3. Dari 25 siswa dibentuk kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 5. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menghasilkan diskripsi pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Think, Talk, Write Berbasis konstektual pada materi Peluang yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Negeri 10 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas.
Hasil penelitian terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari hasil tes akhir tiap siklus, yaitu pada siklus I Persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dari 56% siswa pada siklus I menjadi 88% pada siklus II dari total seluruh siswa yang memperoleh nilai ≥ 75. Pembelajaran model Think Talk Writeterbagi dalam 3 tahap pembelajaran yaitu (1) tahap awal meliputi menyampaikan tujuan pembelajaran, mengingatkan kembali materi prasyarat,dan pembentukan kelompok, (2) tahap inti meliputi penyajian materi, Think, Talk, Write dan presentasi hasil diskusi, dan (3) tahap akhir meliputi membuat kesimpulan dan evaluasi.


Ketersediaan
00109/SBKKI 510 NUR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 NUR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xvi, 140hlm 25cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Peluang
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Menerapkan Model Pembelajaran Think Talk Writeberbasis konstektual pada Materi Peluang untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMKN 10 Malang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik