Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif  Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII-h  SMP AN-NUR Bululawang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII-h SMP AN-NUR Bululawang

Ririn Dwi Septianna - Nama Orang;

Pembelajaran di sekolah yang masih banyak berpusat pada guru (teacher center), cenderung kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari merupakan salah satu tantangan dalam dunia pendidikan yang harus segera diselesaikan. Hal tersebut juga terjadi pada pembelajaran matematika di SMP AN-NUR Bululawang. Guru masih memegang peran utama dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan siswa cenderung pasif sehingga berdampak pada hasil belajar matematika yang masih minim dan perlu ditingkatkan lagi. Guru seharusnya berperan aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran agar sesuai dengan tujuan kompetensi yang dicapai dan diharapkan dapat memberi solusi terhadap tantangan tersebut. Salah satu model pembelajaran yang mampu memberi solusi yaitu model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dimana cara pembelajarannya dengan cara berkelompok yaitu 4-5 siswa tiap kelompoknya. Dalam model pembelajaran ini siswa dituntut berfikir, dan mengaitkan pengetahuan umum siswa itu sendiri dengan buku paket atau LKS yang dimiliki siswa saat diskusi kelompok secara aktif sehingga pembelajaran akan terasa lebih menyenangkan dan menimbulkan keaktifan siswa yang diharapkan berimplikasi positif terhadap hasil belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-h SMP AN-NUR Bululawang, (2) Untuk mendeskripsikan respon siswa kelas VIII-h SMP AN-NUR Bululawang terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-h SMP AN-NUR Bululawang tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 39 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, tes, angket, wawancara, dan cacatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan cara persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dari 78,4% siswa pada siklus tindakan I menjadi 89,2% pada siklus tindakan II dari total seluruh siswa yang memperoleh nilai ≥ 65, (2) Siswa memberikan respon yang sangat positif dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII-h SMP AN-NUR Bululawang. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan, dalam pembelajaran matematika sebaiknya menggunakan metode yang menarik dan menyenangkan agar dapat meningkatkan minat siswa untuk mempelajari matematika. Salah satu contohnya adalah dengan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar matematika.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 DWI
Penerbit
: ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Tipe Numbered Heads Together (NHT)
Hasil Belajar Matematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Pokok Bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Siswa Kelas VIII-h SMP AN-NUR Bululawang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik