Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Fungsi Linier dan Kuadrat Kelas X APK SMK PGRI 6 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Fungsi Linier dan Kuadrat Kelas X APK SMK PGRI 6 Malang

Siti Maslicha - Nama Orang;

Dalam kegiatan belajar mengajar, guru dan anak didik seharusnya dapat terlibat dalam sebuah interaksi dengan bahan pelajaran sebagai mediumnya. Interaksi dikatakan optimal bila interaksi itu terjadi antara guru dengan semua anak didik, antara anak didik dengan guru, dan antara anak didik dengan anak didik dalam rangka bersama-sama mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama. Dalam interaksi itu anak didiklah yang lebih aktif, bukan guru. Guru hanya berperan sebagai motivator dan fasilitator. Pembelajaran matematika akan lebih bermakna dan menyenangkan jika guru mampu menggunakan model pembelajaran yang menarik bagi peserta didik, tidak terkesan menakutkan dan peserta didik tidak merasa jenuh saat mengikuti kegiatan pembelajaran serta peserta didik termotivasi untuk belajar karena akan sangat berpengaruh terhadap keefektifan belajar guna mencapai hasil belajar yang optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan fungsi linier dan kuadrat kelas X APK SMK PGRI 6 Malang.
Karena dengan model pembelajaran ini siswa dapat belajar sambil bermain sehingga mereka tidak merasa bosan dan jenuh akan tetapi mereka dapat merasakan proses pembelajaran yang menyenangkan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN FUNGSI LINIER DAN KUADRAT KELAS X APK SMK PGRI 6 MALANG” dengan pendekatan kualitatif naturalistik. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X APK semester genap tahun ajaran 2012-2013 SMK PGRI 6 Malang yang berjumlah 43 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari tanggal 7 sampai tanggal 15 Januari 2013. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, catatan lapangan, lembar wawancara dan soal tes. Hasil belajar siswa diperoleh dari hasil tes akhir siklus.
Analisis data digunakan dengan menggunakan teknik analisis kualitatif.
Dari hasil penelitian yang dilakukan ternyata model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada siklus I hasil belajar siswa memperoleh persentase sebesar 74,4%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 83,7%.Untuk hasil observasi aktivitas guru pada siklus I mencapai kriteria keberhasilan 87,5% untuk aktivitas siswa mencapai 81,25%. Sedangkan pada siklus II menunjukan kriteria keberhasilan aktivitas guru 93,75%dan untuk aktivitas siswa sebesar 93,75%. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan belajar
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada guru matematika untuk mengajarkan matematika khususnya fungsi linier dan kuadrat dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 MAS
Penerbit
: ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Pembelajaran Kooperatif
Penerapan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick
Fungsi Linier dan Kuadrat
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN FUNGSI LINIER DAN KUADRAT KELAS X APK SMK PGRI 6 MALANG
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik