Electronic Resource
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MA BAHRUL ULUM BESUK PROBOLINGGO
Kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Selain itu, pemilihan metode mengajar yang kurang tepat juga merupakan penyebab kurang aktifnya siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, perlu adanya perubahan metode mengajar yang lebih menekankan keterlibatan aktif siswa.
Pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu (1) persiapan, (2) presentasi guru,(3) kegiatan kelompok (4) presentasi kelompok (5) evaluasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS MA Bahrul Ulum Besuk Probolinggo yang terdiri dari 30 siswa dan untuk mngetahui respon siswa terhadap pembelajaran tersebut yang dilaksnakan pada tanggal 11, 12, 18, dan 19 januari 2013.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang menghasilkan data deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian dalam bidang penelitian yang dilaksanakan dalam kelas dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Instrument pada penelitian ini adalah lembar observasi, tes akhir, dan catatan lapangan.
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Rata-rata nilai pada pra tindakan, siklus I dan siklus II berturut-turut yaitu 72,2, 79,83 dan 83,1. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa berturut-turut untuk pra tindakan 60%, siklus 1 80%, dan siklus 2 86,7%. Dengan demikian berdasarkan (SKM) MA Bahrul Ulum Besuk Probolinggo maka dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan belajar.
Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran NHT perlu dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain