Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MA BAHRUL ULUM BESUK PROBOLINGGO

Electronic Resource

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MA BAHRUL ULUM BESUK PROBOLINGGO

Susriya - Nama Orang;

Kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika merupakan salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Selain itu, pemilihan metode mengajar yang kurang tepat juga merupakan penyebab kurang aktifnya siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, perlu adanya perubahan metode mengajar yang lebih menekankan keterlibatan aktif siswa.
Pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu (1) persiapan, (2) presentasi guru,(3) kegiatan kelompok (4) presentasi kelompok (5) evaluasi.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS MA Bahrul Ulum Besuk Probolinggo yang terdiri dari 30 siswa dan untuk mngetahui respon siswa terhadap pembelajaran tersebut yang dilaksnakan pada tanggal 11, 12, 18, dan 19 januari 2013.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu suatu penelitian yang menghasilkan data deskriptif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu penelitian dalam bidang penelitian yang dilaksanakan dalam kelas dengan tujuan untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Instrument pada penelitian ini adalah lembar observasi, tes akhir, dan catatan lapangan.
Berdasarkan pembelajaran yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Rata-rata nilai pada pra tindakan, siklus I dan siklus II berturut-turut yaitu 72,2, 79,83 dan 83,1. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa berturut-turut untuk pra tindakan 60%, siklus 1 80%, dan siklus 2 86,7%. Dengan demikian berdasarkan (SKM) MA Bahrul Ulum Besuk Probolinggo maka dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan belajar.
Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran NHT perlu dilaksanakan oleh guru untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 SUS
Penerbit
: ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Model Pembelajaran kooperatif
Tipe Numbered Heads Together (NHT)
hasil belajar.
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPS MA Bahrul Ulum Besuk Probolinggo. Kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika merupakan salah satu penyebab renda
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik