Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF 
TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA 
SISWA KELAS VII SMP ISLAM MA’ARIF 02 MALANG
 TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Electronic Resource

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP ISLAM MA’ARIF 02 MALANG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Tri Ratih Islamiah - Nama Orang;

Hasil observasi yang telah dilakukan dikelas VII-C SMP Islam Ma’arif 02 Malang menunjukkan bahwa saat mengajar dikelas guru masih tetap menggunakan cara lama, yaitu di dominasi dengan menggunakan metode ceramah dan penugasan. Mayoritas siswa cenderung pasif dan pendiam sehingga suasana belajar cenderung membosankan. Yang akhirnya menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VII-C SMP Islam Ma’arif 02 Malang masih tergolong rendah.
Dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat atau yang dapat menimbulkan kesan bahwa matematika itu mudah dan menyenangkan dengan kondisi psikologos siswa maka dapat membantu siswa untuk menggunakan waktunya seefisien mungkin, sehingga siswa mudah memahami pelajaran matematika. Beberapa model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan keaktifan siswa, salah satunya adalah model TPS (Think Pair Share).
Pembelajaran kooperatif model TPS (Think Pair Share) merupakan model pembelajaran yang terdiri dari tiga rangkaian tahap pembelajaran: (1) berpikir, (2) berpasangan dan (3) berbagi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran model kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada siswa kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas VII-C SMP Islam Ma’arif 02 Malang, yang terdiri dari 40 siswa.
Tindakan pada penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I dan siklus II, model TPS (Think Pair Share) dilaksanakan secara murni sesuai langkah-langkah yang telah ditetapkan. Prosedur penjaringan data dilakukan dengan cara (1) lembar observasi guru dan siswa, (2) catatan lapangan, dan (3) tes individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes evaluasi pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 74,15 dan ketuntasan klasikal 70%. Sedangkan hasil evaluasi pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 79,77 dan ketuntasan klasikal 87,5%. Setelah penelitian ini di dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Saran yang dapat peneliti berikan adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran materi Perbandingan perlu dijadikan model alternatif dalam rangka meningkatkan kemampuan pemahaman siswa. Dengan menggunakan pembelajaran Think Pair Share (TPS), siswa dapat terlibat secara aktif dalam pembelajaran.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
510
Penerbit
: ., 2013
Deskripsi Fisik
163 hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil Belajar Siswa
Think Pair Share (TPS)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Islam Ma’arif 02 Malang Tahun Pelajaran 2012/ 2013
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik