Electronic Resource
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMK PGRI 7 MALANG
Matematika merupakan salah satu pelajaran yang penting untuk diberikan pada peserta didik karena dapat membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, kritis dan kreatif serta mampu bekerja sama. Namun pada kenyataannya masih banyak siswa yang menganggap matematika sebagai mata pelajaran yang sulit dan menegangkan. Berdasarkan hasil observasi awal pada siswa kelas X jurusan Tata Boga SMK PGRI 7 Malang, menunjukkan bahwa selama ini guru hanya menggunakan metode ceramah dan belum pernah menerapkan model-model pembelajaran kooperatif dalam pembelajaran di kelas. Selain itu juga diperoleh informasi bahwa kebanyakan siswa masih pasif dan kurang kreatif dalam pembelajaran, sehingga hasil belajar matematika siswa relatif rendah. Berdasarkan permasalahan ini, penulis mencoba melakukan upaya perbaikan melalui suatu pembelajaran kooperatif, yang melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajar berkelompok yaitu pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK PGRI 7 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan pada siswa kelas X jurusan Tata Boga SMK PGRI 7 Malang, yang berjumlah 24 siswa, terdiri atas 20 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki.
Penelitian ini meliputi tindakan I dan tindakan II. Setiap tindakan meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan awal merupakan pendahuluan, kegiatan inti adalah penerapan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan kegiatan penutup yaitu menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Tindakan I dilaksanakan secara murni sesuai langkah-langkah yang telah ditetapkan, sedangkan pada tindakan II ada pengembangan pada tahap diskusi kelompok ahli dan presentasi kelompok. Prosedur pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah (1) observasi guru dan siswa, (2) wawancara, (3) catatan lapangan, (4) tes dan dilakukan analisis data secara diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar matematika siswa yang terlihat dari rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar dari data awal, tindakan I dan tindakan II. Rata-rata kelas diperoleh hasil 60,08, 76,40 dan 85,71 sedangkan ketuntasan belajar klasikal adalah 4,2%, 75%, dan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terbukti dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMK PGRI 7 Malang.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain