Electronic Resource
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAP DALAM UPAYA PENGUATAN MINAT DAN DAYA INGAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIIIC SMP PGRI 06 MALANG TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Minat belajar merupakan hal yang penting dan perlu diketahui oleh setiap guru dalam peranannya yaitu dapat menumbuhkan gairah, merasa senang, dan semangat untuk belajar bagi siswa. Hal ini erat kaitannya dalam usaha untuk mencapai tujuan belajar. Sedangkan daya ingat terkait dengan persepsi, perhatian yang kita berikan, dan proses berpikir atau memahami. Sehingga daya ingat masih punya kesinambungan yang kuat dengan minat, yakni di mana jika minat balajar siswa sangat tinggi maka daya serap otak dan daya ingatnya pun juga sangat tinggi. Namun, pada penelitian ini peneliti menemukan berbagai kendala yang terjadi ketika melakukan observasi awal di SMP PGRI 06 Malang yakni minat belajar siswa yang minim terhadap pembelajaran matematika dikarenakan jadwal sekolah siang serta daya ingat mereka yang kurang terhadap materi terlebih dalam materi operasi bilangan yang disebabkan oleh kebiasaan mereka yang malas mencatat, sehingga menyebabkan prestasi belajar mereka menjadi menurun. Oleh sebab itu, diperlukan upaya penerapan metode pembelajaran yang memiliki peran untuk menentukan agar sekolah benar-benar menjadi pusat pembentukan kader bangsa dan pembaharuan.
Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode pembelajaran Mind Map di mana dengan metode pembelajaran ini diharapkan belajar matematika menjadi menyenangkan dan menjadi lebih bermakna bagi siswa. Dengan rumusan masalahnya yaitu “Bagaimakah penerapan metode pembelajaran mind map terhadap upaya penguatan minat dan daya ingat untuk meningkatkan prestasi belajar materi Sistem Persamaan linear Dua Variabel pada siswa kelas VIIIC SMP PGRI 06 Malang tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan minat dan daya ingat siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran Mind Map?”
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam satu tindakan yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIC SMP PGRI 06 Malang semester ganjil tahun pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan peneliti, lembar observasi kegiatan siswa, soal tes dan angket minat siswa. Hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar matematika meningkat dari 76,67% siswa pada siklus I menjadi 86,67% pada siklus II. Sedangkan rata-rata keseluruhan hasil nilai angket adalah 3,90 yaitu dalam kriteria baik karena telah melampaui batas minimumnya yaitu 3,49.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran Mind Map berhasil menguatkan minat dan daya ingat siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP PGRI 06 Malang. Saran bagi sekolah maupun guru yang ingin menerapkan metode ini adalah satu hal yang harus diperhatikan yaitu pemilihan topik materi yang sesuai sehingga materi dapat diterapkan dengan menggunakan metode ini.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain