Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAP DALAM UPAYA PENGUATAN MINAT DAN DAYA INGAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIIIC SMP PGRI 06 MALANG TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Electronic Resource

PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAP DALAM UPAYA PENGUATAN MINAT DAN DAYA INGAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIIIC SMP PGRI 06 MALANG TAHUN PELAJARAN 2012-2013

Yovita Chrisna Widyanti - Nama Orang;

Minat belajar merupakan hal yang penting dan perlu diketahui oleh setiap guru dalam peranannya yaitu dapat menumbuhkan gairah, merasa senang, dan semangat untuk belajar bagi siswa. Hal ini erat kaitannya dalam usaha untuk mencapai tujuan belajar. Sedangkan daya ingat terkait dengan persepsi, perhatian yang kita berikan, dan proses berpikir atau memahami. Sehingga daya ingat masih punya kesinambungan yang kuat dengan minat, yakni di mana jika minat balajar siswa sangat tinggi maka daya serap otak dan daya ingatnya pun juga sangat tinggi. Namun, pada penelitian ini peneliti menemukan berbagai kendala yang terjadi ketika melakukan observasi awal di SMP PGRI 06 Malang yakni minat belajar siswa yang minim terhadap pembelajaran matematika dikarenakan jadwal sekolah siang serta daya ingat mereka yang kurang terhadap materi terlebih dalam materi operasi bilangan yang disebabkan oleh kebiasaan mereka yang malas mencatat, sehingga menyebabkan prestasi belajar mereka menjadi menurun. Oleh sebab itu, diperlukan upaya penerapan metode pembelajaran yang memiliki peran untuk menentukan agar sekolah benar-benar menjadi pusat pembentukan kader bangsa dan pembaharuan.
Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan adalah metode pembelajaran Mind Map di mana dengan metode pembelajaran ini diharapkan belajar matematika menjadi menyenangkan dan menjadi lebih bermakna bagi siswa. Dengan rumusan masalahnya yaitu “Bagaimakah penerapan metode pembelajaran mind map terhadap upaya penguatan minat dan daya ingat untuk meningkatkan prestasi belajar materi Sistem Persamaan linear Dua Variabel pada siswa kelas VIIIC SMP PGRI 06 Malang tahun pelajaran 2012-2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penguatan minat dan daya ingat siswa sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar matematika terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan metode pembelajaran Mind Map?”
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam satu tindakan yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIC SMP PGRI 06 Malang semester ganjil tahun pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan peneliti, lembar observasi kegiatan siswa, soal tes dan angket minat siswa. Hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar matematika meningkat dari 76,67% siswa pada siklus I menjadi 86,67% pada siklus II. Sedangkan rata-rata keseluruhan hasil nilai angket adalah 3,90 yaitu dalam kriteria baik karena telah melampaui batas minimumnya yaitu 3,49.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran Mind Map berhasil menguatkan minat dan daya ingat siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP PGRI 06 Malang. Saran bagi sekolah maupun guru yang ingin menerapkan metode ini adalah satu hal yang harus diperhatikan yaitu pemilihan topik materi yang sesuai sehingga materi dapat diterapkan dengan menggunakan metode ini.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data

Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
Kii 510 CHR
Penerbit
: ., 2013
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
-
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAP DALAM UPAYA PENGUATAN MINAT DAN DAYA INGAT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL PADA SISWA KELAS VIIIC SMP PGRI 06 MALANG TAHUN PELAJARAN 2012-2013 SKRIPSI
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik