Electronic Resource
Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Siswa Kelas VII SMP Widyagama Mojosari.
Kegiatan belajar bersama dapat membantu memacu belajar aktif. Kegiatan belajar mengajar di kelas memang dapat menstimulasi belajar aktif, namun kemampuan untuk mengajar melalui kegiatan belajar kelompok kecil akan memungkinkan untuk menggalakan kegiatan belajar aktif dengan cara yang menarik. Ini berarti memungkinkan siswa untuk memperoleh pemahaman dan penguasaan materi pelajaran. Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah peningkatan prestasi belajar matematika dengan diterapkannya metode pembelajaran tipe STAD? (2) bagaimanakah pengaruh metode pembelajaran tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa? Sedangkan tujuan dari penelitian ini diantaranya : (1) mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar matematika dengan diterapkannya metode pembelajaran tipe STAD. (2) mendeskripsikan pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkannya pembelajaran tipe STAD? Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (action research) terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), evaluasi (reflection), dan refleksi (sugiarti, 1997: 6). Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Widyagama, Kabupaten Mojokerto Tahun Ajaran 2011/2012, data yang diperoleh berupa hasil tes dan lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisa didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami 64%) dan siklus II (90%). Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah metode pembelajaran tipe STAD dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Widyagama Kabupaten Mojokerto Tahun Ajaran 2011/2012 serta model metode pembelajaran tipe STAD ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative metode pembelajaran matematika.
Tidak ada salinan data
Tidak tersedia versi lain