Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Vii Smpn Satu Atap Pesanggrahan Ii Batu Pada Materi Himpunan

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Tipe Circ (Cooperative Integrated Reading And Composition) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Vii Smpn Satu Atap Pesanggrahan Ii Batu Pada Materi Himpunan

Ida Ratnawati - Nama Orang; Drs. Sumadji, M.Pd - Nama Orang; Timbul Yuwono, S.Si., M.Pd - Nama Orang;

Kemampuan dalam memecahkan masalah matematika yang rendah pada siswa disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan potensi atau kemampuannya untuk dapat memecahkan masalah yang diberikan guna mencapai hasil belajar yang optimal. Salah satu cara yang dapat diupayakan untuk meningkatkan kemampuan siswa pemecahan masalah yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe CIRC yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi himpunan siswa kelas VII SMPN SATU ATAP PESANGGRAHAN II Batu. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: hasil belajar siswa yang diperoleh dari pemberian tes pada setiap akhir siklus, aktivitas peneliti dan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang diambil dari lembar observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) apabila ketuntasan belajar secara klasikal ≥85 % dengan kriteria tuntas belajar setiap siswa apabila nilai hasil tes siklus I dan II ≥75, (2) apabila aktivitas peneliti dan siswa dalam pembelajaran ≥75% yang diukur dengan melihat lembar observasi aktivitas peneliti dan siswa.
Hasil penelitian dalam penelitian pada siklus I menunjukkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 82,82%, persentase aktivitas siswa 78,6%, dan persentase aktivitas guru 82,14%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 90,9%, persentase aktivitas siswa 89,3%, dan persentase aktivitas guru 92,86%.
Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh kesimpulan bahwa implementsi model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi himpunan siswa kelas VII SMPN SATU ATAP PESANGGRAHAN II BATU tahun ajaran 2012/2013. Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat dijadikan sebagai variasi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.


Ketersediaan
00103/SBKKI 510 RAT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 RAT p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xiii, 124hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Model Pembelajaran kooperatif
Kemampuan pemecahan masalah
Model Pembelajaran Kooperatif,
Model Pembelajaran Kooperatif tipe CIRC
Tipe CIRC
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik