Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Kelas Vii A SMP Islam Diponegoro Wagir
Di supermarket atau di pasar dapat dijumpai jenis barang-barang yang dijual dan dihimpun sesuai dengan jenisnya, penghimpunan jenis barang tersebut dapat mempermudah pembeli dalam memilih barang. Hal tersebut berkaitan dengan manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada materi himpunan. Disamping itu, matematika juga digunakan dalam ilmu teknologi yang saat ini sedang berkembang sangat pesat. Contohnya: pengaturan putaran sebuah kipas dalam suatu ruangan. Oleh sebab itu, kegiatan pembelajaran matematika di tingkat satuan pendidikan diarahkan agar siswa mampu mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan tersebut. Salah satu yang dipelajari di kelas VII SMP adalah himpunan. Himpunan mempunyai peranan penting untuk dipelajari karena himpunan dapat digunakan untuk menentukan himpunan penyelesaian dari persoalan dan permasalahan sehari-hari. Namun berdasarkan fakta di lapangan menunjukkan bahwa nilai pada materi himpunan belum mencapai nilai yang di standartkan sekolah yaitu 70. Oleh sebab itu, perlu penanganan yang serius dari berbagai pihak khususnya guru sebagai pelaksana pembelajaran. Salah satu usaha tersebut adalah memperbaiki kualitas pembelajaran. Diantara berbagai solusi yang ditawarkan yang diyakini mampu menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu melalui pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.
Penelitian yang akan dilaksanakan ini berfungsi sebagai usaha membantu guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran dan menangani permasalahan yang dihadapi siswa pada materi himpunan. Maka dari itu, tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mendiskripsikan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan matriks di kelas VII A SMP ISLAM DIPONEGORO Wagir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas.
Penelitian dilaksanakan di SMP ISLAM DIPONEGORO Wagir dengan subyek penelitian adalah kelas VII A. Pembentukan kelompok terdiri dari 4-5 anggota siswa dengan kemampuan heterogen. Metode pembelajaran dengan model Group Investigation (GI) dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu (1) tahapan awal yang terdiri dari fase (a) mengidentifikasi topik dan (b) merencanakan tugas yang akan dipelajari. (2) Tahapan inti terdiri dari fase (a) member contoh msteri, (b) menjalankan Talking Stick, dan (c) mempresentasikan hasil akhir. (3) Tahapan akhir tediri dari fase evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran koopertatif model Talking Stick terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai pratindakan dan nilai hasil tes akhir siklus I, nilai hasil tes akhir siklus II berturut-turut, 16,66% atau 4 siswa yang mencapai KKM, 29,16% atau 7 siswa yang mencapai KKM, dan 83,33% atau 20 siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian berdasarkan KKM pada mata pelajaran matematika, maka dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan.
Berdasarkan penelitian ini, maka bagi guru matematika dan peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan pada sekolah yang lain dan materi yang lain sehingga diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.
| 0098/SB | KKI 510 BAS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain