Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Kelas Vii A SMP Islam Diponegoro Wagir

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Kelas Vii A SMP Islam Diponegoro Wagir

Imam Basofi - Nama Orang; Drs. Sumadji, M.Pd - Nama Orang; Zaini, S.Pd., M.Pd - Nama Orang;

Di supermarket atau di pasar dapat dijumpai jenis barang-barang yang dijual dan dihimpun sesuai dengan jenisnya, penghimpunan jenis barang tersebut dapat mempermudah pembeli dalam memilih barang. Hal tersebut berkaitan dengan manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada materi himpunan. Disamping itu, matematika juga digunakan dalam ilmu teknologi yang saat ini sedang berkembang sangat pesat. Contohnya: pengaturan putaran sebuah kipas dalam suatu ruangan. Oleh sebab itu, kegiatan pembelajaran matematika di tingkat satuan pendidikan diarahkan agar siswa mampu mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan tersebut. Salah satu yang dipelajari di kelas VII SMP adalah himpunan. Himpunan mempunyai peranan penting untuk dipelajari karena himpunan dapat digunakan untuk menentukan himpunan penyelesaian dari persoalan dan permasalahan sehari-hari. Namun berdasarkan fakta di lapangan menunjukkan bahwa nilai pada materi himpunan belum mencapai nilai yang di standartkan sekolah yaitu 70. Oleh sebab itu, perlu penanganan yang serius dari berbagai pihak khususnya guru sebagai pelaksana pembelajaran. Salah satu usaha tersebut adalah memperbaiki kualitas pembelajaran. Diantara berbagai solusi yang ditawarkan yang diyakini mampu menyelesaikan permasalahan tersebut yaitu melalui pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.
Penelitian yang akan dilaksanakan ini berfungsi sebagai usaha membantu guru dalam memperbaiki kualitas pembelajaran dan menangani permasalahan yang dihadapi siswa pada materi himpunan. Maka dari itu, tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mendiskripsikan pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan matriks di kelas VII A SMP ISLAM DIPONEGORO Wagir. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas.
Penelitian dilaksanakan di SMP ISLAM DIPONEGORO Wagir dengan subyek penelitian adalah kelas VII A. Pembentukan kelompok terdiri dari 4-5 anggota siswa dengan kemampuan heterogen. Metode pembelajaran dengan model Group Investigation (GI) dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu (1) tahapan awal yang terdiri dari fase (a) mengidentifikasi topik dan (b) merencanakan tugas yang akan dipelajari. (2) Tahapan inti terdiri dari fase (a) member contoh msteri, (b) menjalankan Talking Stick, dan (c) mempresentasikan hasil akhir. (3) Tahapan akhir tediri dari fase evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan pembelajaran koopertatif model Talking Stick terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai pratindakan dan nilai hasil tes akhir siklus I, nilai hasil tes akhir siklus II berturut-turut, 16,66% atau 4 siswa yang mencapai KKM, 29,16% atau 7 siswa yang mencapai KKM, dan 83,33% atau 20 siswa yang mencapai KKM. Dengan demikian berdasarkan KKM pada mata pelajaran matematika, maka dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan.
Berdasarkan penelitian ini, maka bagi guru matematika dan peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa hendaknya melakukan pada sekolah yang lain dan materi yang lain sehingga diperoleh gambaran lebih lanjut mengenai efektivitas pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick.


Ketersediaan
0098/SBKKI 510 BAS p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 BAS p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xvi, 113hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Pembelajaran Kooperatif
Skripsi
Pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick
Tipe Talking Stick
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan di Kelas VII A SMP ISLAM DIPONEGORO Wagir
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik