Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Program Linier Siswa Kelas X-TKJ 1 SMKN 11 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Program Linier Siswa Kelas X-TKJ 1 SMKN 11 Malang

Hani’am Maria - Nama Orang; Drs. Sumadji, M.Pd - Nama Orang; Hena Dian Ayu, S.Si, M.Pd - Nama Orang;

Maria, Hani’am. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Program Linier Siswa Kelas X-TKJ 1 SMKN 11 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sumadji, M.Pd., (II) Hena Dian Ayu, S.Si, M.Pd

Kata kunci: Model Pembelajaran, Numbered Heads Together, Hasil Belajar.

Pembelajaran di sekolah yang masih banyak berpusat pada guru (teacher center), merupakan salah satu tantangan dalam dunia pendidikan yang harus segera diselesaikan. Hal tersebut juga terjadi pada pembelajaran matematika di SMKN 11 Malang. Guru masih memegang peran utama dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan siswa cenderung pasif sehingga berdampak pada hasil belajar matematika yang masih minim dan perlu ditingkatkan lagi. Untuk menghadapinya, guru seharusnya berperan aktif dalam melakukan inovasi pembelajaran. Pemilihan metode, strategi dan pendekatan dalam mendesain model pembelajaran guna tercapainya iklim PAKEM adalah bentuk inovasi pembelajaran yang dapat dilakukan oleh guru.
Salah satu model pembelajaran yang dipandang mampu menciptakan iklim PAKEM yaitu model pembelajaran Numbered Heads Together. Dimana cara pembelajarannya dengan cara diskusi atau kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa tiap kelompoknya. Setiap siswa dalam kelompok tersebut memiliki nomor yang berbeda. Kemudian guru menberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakan. Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok mengetahui jawabannya. Guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerja kelompoknya di depan. Teman yang lain diberi kesempatan untuk memberi tanggapan. Kemudian guru menunjuk nomor lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together yang dapat meningkatkan hasil belajar program linier siswa kelas X-TKJ 1 SMKN 11 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-TKJ 1 SMKN 11 Malang tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 38 orang siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, tes, dan cacatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan cara persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dari 86,1% siswa pada siklus 1 tindakan I menjadi 94,4% pada siklus 1 tindakan II dari total seluruh siswa yang memperoleh nilai ≥ 75.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar program linier siswa kelas X-TKJ 1 SMKN 11 Malang.


Ketersediaan
0090/SBKKI 510 MAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 MAR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xvii, 150hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Model Pembelajaran
Hasil belajar
Numbered Heads Together
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Program Linier Siswa Kelas X-TKJ 1 SMKN 11 Malang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik