Electronic Resource
Pengaruh Konsep Diri, Pemanfaatan Perpustakaan Dan Minat Membaca Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 2 PACET
Banyak faktor penyebab tinggi dan rendahnya prestasi belajar siswa diantaranya Konsep diri siswa pada bidang studi tertentu, Pemanfaatan perpustakaan, Minat membaca. Minat membaca mempunyai dampak yang positif terhadap prestasi belajar, karena dengan minat membaca yang baik dan teratur. Demikian juga dengan minat membaca yang cukup tinggi, yang akhirnya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan konsep diri, pemanfaatan perpustakaan, minat membaca terhadap prestasi belajar mata pelajaran Matematika siswa kelas VII di SMPN 2 Pacet.
Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII SMP N 2 Pacet yang terdiri dari siswa kelas VII A, VII B dan VII C. Pada penelitian ini pengambilan sampel dengan menggunakan model proporsi random sampling, yaitu mengambil 20% dari tiap kelas populasi sebanyak 28 siswa.
Kesimpulan: bahwa konsep diri, Pemanfaatan perpustakaan dan Minat membaca mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran Matematika siswa kelas VII SMP N 2 Pacet. Besarnya prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Matematika siswa kelas VII 46% di pengaruhi oleh variabel konsep diri, Pemanfaatan perpustakaan, minat membaca, dan 54% dipengaruhi oleh hal-hal lain di luar variabel bebas tersebut.
Saran : kepada siswa hendaknya menemukan jati dirinya sendiri sehinga mampu merencanakan dan melaksanakan progran kerja belajarnya sendiri. Manfaatkan setiap peluang yang ada untuk meningkatkan pengetahuannya sendiri. Konsep diri siswa hendaknya dilaksanakan secara lebih teratur, terjadwal, sesuai dengan tujuan, dan berkelanjutan, karena dengan hal tersebut hasil belajar siswa menjadi lebih optimal. Untuk itu perlu diusahakan konsep diri yang positif, baik itu oleh siswa sendiri, guru, ataupun pihak sekolah. Dalam mendukung konsep diri yang baik perlu diciptakan iklim belajar yang positif dan konstruktif bagi siswa dengan menyediakan fasilitas dan sumber belajar yang mendukung konsep diri menjadi lebih lancar, baik itu dari pihak intern ataupun ekstern.
| 0080/SB | KKI 510 DWI P/S | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain