Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Melalui Problem Solving Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Dan Hasil Belajar Pada Materi Aritmatika Sosial
Siswa Kelas VII.6 Semester Gasal Di SMPN 02 Sumberpucung Kab. Malang Tahun Pelajaran 2012-2013

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Melalui Problem Solving Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Dan Hasil Belajar Pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII.6 Semester Gasal Di SMPN 02 Sumberpucung Kab. Malang Tahun Pelajaran 2012-2013

Dian Fitri Fadilah - Nama Orang; Timbul Yuwono, S.Si, M.Pd - Nama Orang; Nur Farida, S.Pd, M.Pd - Nama Orang;

Fadilah, Fitri, Dian. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Melalui Problem Solving untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif dan Hasil Belajar pada Materi Aritmatika Sosial Siswa Kelas VII.6 Semester Gasal Di SMPN 02 Sumberpucung Kab. Malang“ Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Pembimbing I: Nur Farida S.Pd, M.Pd. Pembimbing II: Timbul Yuwono. S.Si. M.Pd.

Kata-kata kunci: Model Pembelajaran, Pembelajaran Problem Solving, Berfikir kreatif, Hasil Belajar Matematika. Materi Aritmatika Sosial.


Pendidikan merupakan modal utama bagi setiap bangsa, lebih-lebih bagi bangsa yang sedang membangun. Untuk mewujudkan pembangunan nasional di bidang pendidikan diperlukan peningkatan dan penyempurnaan penyelenggaraaan pendidikan nasional. Belajar merupakan kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang fundamental dalam penyelenggaran setiap jenis jenjang pendidikan. Ini berarti, bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan sangat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa. Sebagian siswa beranggapan bahwa belajar adalah semata-mata mengumpulkan atau menghafalkan fakta-fakta yang tersaji dalam bentuk materi pelajaran. Dalam hal ini tugas utama seorang guru adalah membelajarkan siswa. Keberhasilan siswa sangat bergantung bagaimana guru dapat mengorganisasikan pelajaran. Pengorganisasian pembelajaran dikelas bukan sekedar menyampaikan materi dari yang mudah ke yang sulit. Tapi lebih jauh lagi sampai pada bagaimana penjelasan guru dapat dimengerti siswa, bagaimana menggali potensi siswa dengan memberikan sejumlah pertanyaan, bahkan sampai pada bagaimana agar pembelajaran itu bermakna dan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga hasil belajarnya menjadi optimal. Oleh sebab itu, diperlukan upaya pencarian model pembelajaran yang memiliki peran untuk menentukan agar sekolah benar-benar menjadi pusat pembentukan kader bangsa dan pembaharuan.
Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Problem Solving dimana dengan model pembelajaran ini diharapkan belajar matematika menjadi menyenangkan dan menjadi lebih bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika dan respon siswa terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Problem solvimg. Model pembelajaran Problem Solving ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model problem solving ini agar dapat meningkatkan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa SMPN 02 Sumberpucung Kab. Malang.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam satu tindakan yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII.6 SMP Negeri 02 Sumberpucung Kab. Malang semester gasal tahun pelajaran 2012-2013 yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, catatan lapangan, angket dan soal tes. Hasil belajar diperoleh dari hasil tes setiap akhir siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase ketuntasan hasil belajar matematika meningkat dari 87,50% siswa pada siklus I menjadi 93,75% pada siklus II; (2) siswa memberikan respon yang positif dalam pembelajaran matematika dengan cara memberian resitasi yang dilakukan dengan kerja kelompok; (3) berdasarkan hasil observasi guru dan siswa dapat menjalankan kegiatan pembelajaran dengan baik, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya hasil observasi kegiatan guru dan siswa.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII.6 SMP Negeri 02 Sumberpucung Kab. Malang. Disarankan kepada semua guru untuk menerapkan model-model pembelajaran yang lebih variatif. Selain itu, guru diharapkan dapat menerapkan pembelajaran Problem Solving dengan pemilihan materi yang sesuai.


Ketersediaan
0082/SBKKI 510 FAD p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 FAD p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xviii, 181hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Model Pembelajaran
Berfikir Kreatif
Hasil Belajar Matematika
Pembelajaran Problem Solving
Materi Aritmatika Sosial
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MELALUI PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN BERFIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SISWA KELAS VII.6 SEMESTER GASAL DI SMPN 02 SUMBERPUCUNG KAB. MALANG TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik