Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKI SMK PGRI Lawang
Model pembelajaran merupakan pola penyelenggaraan interaksi belajar mengajar yang direncanakan dan dilaksanakan oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran di kelas harus mampu memilih metode pembelajaran yang tepat karena sangat berpengaruh terhadap keefektifan proses belajar untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika ditentukan oleh kemampuan peserta didik dan kemampuan guru dalam proses belajar mengajar. Selain itu guru harus pandai menerapkan metode pembelajaran yang tepat agar peserta didik dapat memahami, menguasai dan senang belajar matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika dengan materi Titik Potong Dua Buah Garis adalah model pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis Talking Stick di mana dengan model pembelajaran ini diharapkan belajar matematika menjadi menyenangkan dan menjadi lebih bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis Talking Stick.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam satu tindakan yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKI SMK PGRI Lawang semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 12 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah perangkat pembelajaran, lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, catatan lapangan, dan soal tes. Hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar matematika dari pra tindakan 25% kemudian meningkat dari 41.67% siswa pada siklus I menjadi 83% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran model Group Investigation (GI)berbasis Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Titik Potong Dua Buah Garis pada siswa kelas XI TKI SMK PGRI Lawang.
Hasil wawancara hanya dilakukan pada ketiga subjek setelah pembelajaran selesai dan mengatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbasis Talking Stick, siswa merasa senang dan tidak cepat bosan terhadap mata diklat matematika. Oleh karena itu, hasi belajar siswa kelas XI TKI SMK PGRI Lawang meningkat.
Saran yang dapat diberikan adalah guru matematika harus lebih sering menggunakan pembelajaran yang bisa melatih pemikiran siswa agar lebih kreatif. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi peneliti lain untuk memperoleh data yang relevan. Selain itu juga sebagai referensi untuk melakukan penelitian yang serupa.
0077/SB | kki 510 TIA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain