Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKI SMK PGRI Lawang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TKI SMK PGRI Lawang

Desty Puteri Tiara Rini - Nama Orang; Drs. Sumadji, M.Pd - Nama Orang; Nur Farida, S.Pd, M.Pd - Nama Orang;

Model pembelajaran merupakan pola penyelenggaraan interaksi belajar mengajar yang direncanakan dan dilaksanakan oleh guru dan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, guru sebagai pengelola kegiatan pembelajaran di kelas harus mampu memilih metode pembelajaran yang tepat karena sangat berpengaruh terhadap keefektifan proses belajar untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran khususnya pada pembelajaran matematika ditentukan oleh kemampuan peserta didik dan kemampuan guru dalam proses belajar mengajar. Selain itu guru harus pandai menerapkan metode pembelajaran yang tepat agar peserta didik dapat memahami, menguasai dan senang belajar matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika dengan materi Titik Potong Dua Buah Garis adalah model pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis Talking Stick di mana dengan model pembelajaran ini diharapkan belajar matematika menjadi menyenangkan dan menjadi lebih bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika terhadap pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Group Investigation (GI) berbasis Talking Stick.
Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. PTK ini dilaksanakan dalam satu tindakan yang terdiri dari dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI TKI SMK PGRI Lawang semester ganjil tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 12 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah perangkat pembelajaran, lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, catatan lapangan, dan soal tes. Hasil belajar diperoleh dari hasil tes akhir siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan hasil belajar matematika dari pra tindakan 25% kemudian meningkat dari 41.67% siswa pada siklus I menjadi 83% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dikatakan bahwa pembelajaran model Group Investigation (GI)berbasis Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi Titik Potong Dua Buah Garis pada siswa kelas XI TKI SMK PGRI Lawang.


Hasil wawancara hanya dilakukan pada ketiga subjek setelah pembelajaran selesai dan mengatakan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation berbasis Talking Stick, siswa merasa senang dan tidak cepat bosan terhadap mata diklat matematika. Oleh karena itu, hasi belajar siswa kelas XI TKI SMK PGRI Lawang meningkat.
Saran yang dapat diberikan adalah guru matematika harus lebih sering menggunakan pembelajaran yang bisa melatih pemikiran siswa agar lebih kreatif. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi bagi peneliti lain untuk memperoleh data yang relevan. Selain itu juga sebagai referensi untuk melakukan penelitian yang serupa.


Ketersediaan
0077/SBkki 510 TIA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
kki 510 TIA p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xvi, 158hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Hasil Belajar Matematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik