Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick Pada Pokok Bahasan Persamaan & Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-H SMP NEGERI 5 KEPANJEN

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick Pada Pokok Bahasan Persamaan & Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-H SMP NEGERI 5 KEPANJEN

Andik Suprayogi - Nama Orang; Timbul Yuwono, S.Si, M.Pd - Nama Orang; Drs. I Ketut Suastika, M.Si - Nama Orang;

Guru masih memegang peran utama dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan siswa cenderung pasif dan berdampak pada hasil belajar yang masih minim dan harus ditingkatkan lagi. Untuk itu, guru seharusnya menerapkan model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi kelas yang dihadapi agar keaktifan dan hasil belajar siswa dapat meningkat, serta dapat melatih siswa untuk belajar mandiri sehingga siswa tidak selalu bergantung pada guru (teacher center). Namun dalam penerapannya guru tidak bisa langsung mengubah metode pembelajaran dari yang berpusat pada guru (teacher center) menjadi berpusat pada siswa (student center). Guru tetap menyampaikan materi pokok pembelajaran serta sedikit demi sedikit mengarahkan suatu pembelajaran menjadi berpusat pada siswa sehingga guru hanya sebagai fasilitator dan mediator. Hal ini agar tercipta Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan dan Inofativ (PAKEMI).
Salah satu model pembelajaran yang sesuai yaitu dengan menerapkan model pembelajaran tipe talking stick. Dimana pembelajarannya dilakukan dengan cara penyampaian materi pokok oleh guru kemudian dilanjutkan berdiskusi atau kelompok mengerjakan soal talking stick dengan anggota kelompok yang terdiri dari 4-5 siswa setiap kelompoknya. Setiap kelompok mendapatkan lembar soal talking stick yang harus dikerjakan secara berkelompok dan setiap masing-masing siswa menuliskan hasil diskusi kelompok atau jawaban pertanyaan talking stick di buku tulisnya masing-masing, karena permainan talking stick dilakukan secara individu. Sehingga siswa akan terlibat aktif dalam diskusi maupun pada saat permainan talking stick. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tipe talking stick yang dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 5 Kepanjen, (2) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tipe talking stick yang dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII-H SMP Negeri 5 Kepanjen, (3) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran tipe talking stick yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 5 Kepanjen.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII-H SMP Negeri 5 Kepanjen tahun pelajaran 2012/2013 berjumlah 33 orang siswa yang terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, tes, wawancara, dan cacatan lapangan. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan cara persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat dari 72,7% siswa pada siklus tindakan I menjadi 84,8% pada siklus tindakan II dari total seluruh siswa yang memperoleh nilai ≥ 75, (2) Presentase keaktifan siswa meningkat dari 77% siswa yang aktif dalam kelas pada siklus tindakan I menjadi 86% siswa aktif dalam kelas, (3) Siswa memberikan respon yang sangat positif dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran tipe talking stick. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran tipe talking stick dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VII-H SMP Negeri 5 Kepanjen.
Berdasarkan hasil penelitian diatas disarankan bagi peneliti lain hendaknya lebih berhati-hati dalam membagi kelompok agar tidak terjadi kecemburuan antar teman bahkan kelompok, memberikan teguran jika ada siswa yang melempar stick serta memotivasi siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran.


Ketersediaan
0069/SBkki 510 SUP p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
kki 510 SUP p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2013
Deskripsi Fisik
xiv, 103hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
online resource
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Keaktifan
Penerapan Model Pembelajaran Tipe Talking Stick
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIPE TALKING STICK PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN & PERTIDAKSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII-H SMP NEGERI 5 KEPANJEN
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik