Electronic Resource
PENGARUH MINAT, KREATIVITAS DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pakisaji Mata Pelajaran IPS Terpadu)
Lamberu, Marce Paji. 2018. Pengaruh minat, kreativitas dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pakisaji. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Kanjuruhan Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Lilik Kustiani, SS., M. Pd. Pembimbing (II) Udik Yudiono, SE.,M.Pd.
Kata Kunci: Minat, Kreativitas, Disiplin Belajar, Hasil Belajar
Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak hal diantaranya yaitu minat, kreativitas dan disiplin belajar. Dengan adanya minat, kreativitas dan disiplin belajar yang baik maka seseorang akan mendapatkan hasil belajar yang baik. Tujuan penelitian ini untuk: (1) mengetahui pengaruh minat, kreativitas dan disiplin belajar terhadap hasil belajar (2) mengetahui pengaruh minat terhadap hasil belajar siswa (3) mengetahui pengaruh kreativitas terhadap hasil belajar siswa (4) mengetahui pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penjelasan atau eksplanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Pakisaji yang berjumlah 70 siswa dan jumlah pupolasi ini akan dijadikan sampel semua. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi yang kemudian hasilnya dianalisis melalui analisis statistik deskriptif dengan menggunakan program SPSS 16.00 for windows.
Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan minat, kreativitas dan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji F dengan nilai signifikan sebesar 0.000, yang artinya < dari 0.05; (2) ) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan minat terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0.002; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kreativitas terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0.000; (4) terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan disiplin belajar terhadap hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji t dengan nilai signifikansi sebesar 0.047.
0060/SB | KKI 330 MAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain