Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Hanura Danga
Proses pembelajaran dengan suasana kelas berpusat pada guru dengan model konvensional membuat peserta didik cenderung pasif. Pada SMP Hanura Danga, model pembelajaran konvensional masih menjadi metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga memunculkan kebosanan siswa sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Implementasi pembelajaran model kooperatif merupakan cara sesuai digunakan untuk membuat situasi kelas menjadi menyenangkan dan menarik, dan akhirnya dapat mendorong keaktifan serta meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat beragam model pembelajaran kooperatif, salah satunya model pembelajaran bertipe Think Pair Share.
Penelitian bertujuan menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan eksperimen semu yaitu kegiatan eksperimen guna menunjukkan gejala yang muncul sebagai akibat perlakuan terkait. Adapun yang menjadi tujuan adalah menunjukkan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa SMP Hanura Danga. Pendekatan penelitian kuantitatif melalui jenis penelitian eksperimen berdesain eksperimen semu, dalam eksperimen ini menggunakan pola Non- Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Hanura Danga dengan sampel sebanyak 16 orang siswa kelas VII C yaitu kelas eksperimen, dan 16 orang siswa kelas VII A yaitu kelas control. Metode mengumpulkan data melalui Teknik test dan dokumentasi, analisis data melalui uji-T berbantuan SSPS 22 For Windows.
Hasil analisa serta pembahasan diambil suatu kesimpulan Hasil belajar siswa kelas eksperimen meningkat dari pretest ke posttest mencapai 90% pasca perlakuan melalui model pembelajaran tipe Think Pair Share, sedangakn pada hasil belajar siswa kelas kontrol meningkat hanya 60% melalui model konvensional. Hasil analisis hipotesis menunjukan model Think Pair Share memengaruhi secara signifikan pada hasil belajar siswa kelas VII C dari hasil posttest pada materi Himpunan dibandingkan secara konvensional kelas VII A. Ditinjau melalui α = 0,05 > nilai sig. (2-tailed) 0,000 posttest, dengan α = 0,05 > nilai sig. (2-tailed) atau [0,05>0,000], maka Ha diterima H0 ditolak. Bedasarkan kesimpulan penelitian, dapat disarankan Pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think Pair Share mampu menjadi alternatif pilihan model pembelajaran untu guru ataupun tenaga pengajat terkhusus dalam materi himpunan atau materi-materi lain
21345922/SB/2024 | KKI 510 KAT p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain