Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Hanura Danga

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Hanura Danga

Katarina Siena Lulu - Nama Orang; Drs. Sumadji, M.Pd - Nama Orang; Dra. Retno Marsitin, M.Pd - Nama Orang;

Proses pembelajaran dengan suasana kelas berpusat pada guru dengan model konvensional membuat peserta didik cenderung pasif. Pada SMP Hanura Danga, model pembelajaran konvensional masih menjadi metode pembelajaran yang digunakan oleh guru, sehingga memunculkan kebosanan siswa sehingga berdampak pada hasil belajar yang rendah. Implementasi pembelajaran model kooperatif merupakan cara sesuai digunakan untuk membuat situasi kelas menjadi menyenangkan dan menarik, dan akhirnya dapat mendorong keaktifan serta meningkatkan hasil belajar siswa. Terdapat beragam model pembelajaran kooperatif, salah satunya model pembelajaran bertipe Think Pair Share.
Penelitian bertujuan menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share terhadap hasil belajar peserta didik dengan menggunakan eksperimen semu yaitu kegiatan eksperimen guna menunjukkan gejala yang muncul sebagai akibat perlakuan terkait. Adapun yang menjadi tujuan adalah menunjukkan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar siswa SMP Hanura Danga. Pendekatan penelitian kuantitatif melalui jenis penelitian eksperimen berdesain eksperimen semu, dalam eksperimen ini menggunakan pola Non- Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Hanura Danga dengan sampel sebanyak 16 orang siswa kelas VII C yaitu kelas eksperimen, dan 16 orang siswa kelas VII A yaitu kelas control. Metode mengumpulkan data melalui Teknik test dan dokumentasi, analisis data melalui uji-T berbantuan SSPS 22 For Windows.
Hasil analisa serta pembahasan diambil suatu kesimpulan Hasil belajar siswa kelas eksperimen meningkat dari pretest ke posttest mencapai 90% pasca perlakuan melalui model pembelajaran tipe Think Pair Share, sedangakn pada hasil belajar siswa kelas kontrol meningkat hanya 60% melalui model konvensional. Hasil analisis hipotesis menunjukan model Think Pair Share memengaruhi secara signifikan pada hasil belajar siswa kelas VII C dari hasil posttest pada materi Himpunan dibandingkan secara konvensional kelas VII A. Ditinjau melalui α = 0,05 > nilai sig. (2-tailed) 0,000 posttest, dengan α = 0,05 > nilai sig. (2-tailed) atau [0,05>0,000], maka Ha diterima H0 ditolak. Bedasarkan kesimpulan penelitian, dapat disarankan Pembelajaran dengan model kooperatif tipe Think Pair Share mampu menjadi alternatif pilihan model pembelajaran untu guru ataupun tenaga pengajat terkhusus dalam materi himpunan atau materi-materi lain


Ketersediaan
21345922/SB/2024KKI 510 KAT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 KAT p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiii, 68hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Kooperatif
Think Pair Share
Pendidikan Matematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Hanura Danga
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik