Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan  Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextualteaching Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajarmatematika Siswa Smp Budimulia Pakisaji

Electronic Resource

Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextualteaching Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajarmatematika Siswa Smp Budimulia Pakisaji

Fransiskus Edi - Nama Orang; Nyamik Rahayu Sesanti, S.Pd, M.Pd - Nama Orang; Nur Farida, S.Pd, M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Budimulia Pakisaji kelas VII dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Berdasarkan hasil pengamatan peneliti, dapat disimpulkan bahwa: 1). Ketika melakukan evaluasi dengan tanya jawab terdapat 50 % dari 32 siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru dengan benar. 2). Kurangnya penguasaan siswa terhadap materi yang disajikan, hal dapat dilihat dari hasil ulangan harian siswa. 3). Pemahaman siswa akan materi sangat kurang, hal ini dapat dapat dilihat pada saat guru mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang telah disajikan. Oleh karena itu, pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan alternatif yang cocok sebagai solusi pembelajarannya. Karena hakikat pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) mudah dipelajari dan mudah dipahami.Hal ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Budimulia Pakisaji.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersiklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: Tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIIA SMP Budimulia Pakisaji pada semester genap tahun 2018/2019, dengan jumlah keseluruhan 32 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Prosedur pengumpulan data ini antara lain, Observasi, Dokumentasi, Tes. Sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah proses hasil belajar yang klasikal dengan
perolahan nilai ≥ 75 mengalami peningkatan 31,25% pada pra tindakan. Tindaka
siklus I mencapai presentase 78,13% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75% . sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%, dengan kategori baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pemebelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL), dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Ketersediaan
21345898/SB/2024KKI 510 FRA p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 FRA p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 145hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Pendidikan Matematika
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.
Contextual Teaching Learning (CTL)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextualteaching Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajarmatematika Siswa Smp Budimulia Pakisaji
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik