Electronic Resource
Penerapan Pembelajaran Dengan Pendekatan Contextualteaching Learning (Ctl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajarmatematika Siswa Smp Budimulia Pakisaji
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMP Budimulia Pakisaji kelas VII dengan Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL). Berdasarkan hasil pengamatan peneliti, dapat disimpulkan bahwa: 1). Ketika melakukan evaluasi dengan tanya jawab terdapat 50 % dari 32 siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari guru dengan benar. 2). Kurangnya penguasaan siswa terhadap materi yang disajikan, hal dapat dilihat dari hasil ulangan harian siswa. 3). Pemahaman siswa akan materi sangat kurang, hal ini dapat dapat dilihat pada saat guru mengajukan pertanyaan terkait dengan materi yang telah disajikan. Oleh karena itu, pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) merupakan alternatif yang cocok sebagai solusi pembelajarannya. Karena hakikat pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) mudah dipelajari dan mudah dipahami.Hal ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL), dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMP Budimulia Pakisaji.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bersiklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: Tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Dan subjek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIIA SMP Budimulia Pakisaji pada semester genap tahun 2018/2019, dengan jumlah keseluruhan 32 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Prosedur pengumpulan data ini antara lain, Observasi, Dokumentasi, Tes. Sedangkan teknik analisis datanya adalah analisis kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah proses hasil belajar yang klasikal dengan
perolahan nilai ≥ 75 mengalami peningkatan 31,25% pada pra tindakan. Tindaka
siklus I mencapai presentase 78,13% dan pada siklus II meningkat menjadi 93,75% . sedangkan untuk aktivitas guru pada siklus I mencapai 75% dan pada siklus II meningkat menjadi 94%, dengan kategori baik. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pemebelajaran dengan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL), dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
21345898/SB/2024 | KKI 510 FRA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain