Electronic Resource
Pengaruh Media Konkrit Jedakentrik (Jeruk Dan Kentang Listrik) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Pada Materi Energi Alternatif Di Sdn 4 Ampelgading
Pembelajaran yang bersifat verbal akan menyebabkan siswa pasif dan kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran sehingga akan berdampak pada hasil belajar siswa. Guru hendaknya memilih media pembelajaran yang tepat untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran konkret JEDAKENTRIK (Jeruk dan Kentang Listrik) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV pada materi Energi Alternatif di SDN 4 Ampelgading.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Quasi eksperimen. Jumlah sampel kelas eksperimen 15 siswa dan jumlah sampel kelas kontrol 15 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar yang telah diuji dengan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda butir soal. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis uji-t (Independent Samples t-Test).
Penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media pembelajaran konkret JEDAKENTRIK terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV pada materi Energi Alternatif di SDN 4 Ampelgading. Dengan hasil analisis data menggunakan uji Independent Samples t-Test menunjukkan bahwa nilai signifikasi lebih kecil 0,05 yaitu 0,012 (0,05>0,012). Dengan demikian disarankan untuk penelitian sejenis untuk mengembangkan penelitian ini pada materi yang lain atau pada mata pelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
21345887/SB/2024 | KKI 372 SAI p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain