Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Media Konkrit Jedakentrik (Jeruk Dan Kentang Listrik) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Pada Materi Energi Alternatif Di Sdn 4 Ampelgading

Electronic Resource

Pengaruh Media Konkrit Jedakentrik (Jeruk Dan Kentang Listrik) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Pada Materi Energi Alternatif Di Sdn 4 Ampelgading

M Saikhul Ari Fahrudin - Nama Orang; Dr. Cicilia Ika Rahayu Nita, M.Pd - Nama Orang; Muslim, M.Ag - Nama Orang;

Pembelajaran yang bersifat verbal akan menyebabkan siswa pasif dan kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran sehingga akan berdampak pada hasil belajar siswa. Guru hendaknya memilih media pembelajaran yang tepat untuk membangkitkan semangat siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran konkret JEDAKENTRIK (Jeruk dan Kentang Listrik) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV pada materi Energi Alternatif di SDN 4 Ampelgading.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan Quasi eksperimen. Jumlah sampel kelas eksperimen 15 siswa dan jumlah sampel kelas kontrol 15 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes hasil belajar yang telah diuji dengan uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya beda butir soal. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas sedangkan uji hipotesis menggunakan analisis uji-t (Independent Samples t-Test).
Penelitian ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan media pembelajaran konkret JEDAKENTRIK terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV pada materi Energi Alternatif di SDN 4 Ampelgading. Dengan hasil analisis data menggunakan uji Independent Samples t-Test menunjukkan bahwa nilai signifikasi lebih kecil 0,05 yaitu 0,012 (0,05>0,012). Dengan demikian disarankan untuk penelitian sejenis untuk mengembangkan penelitian ini pada materi yang lain atau pada mata pelajaran yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.


Ketersediaan
21345887/SB/2024KKI 372 SAI p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 SAI p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiii, 113hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Media Konkret JEDAKENTRIK
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengaruh Media Konkrit Jedakentrik (Jeruk Dan Kentang Listrik) Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Pada Materi Energi Alternatif Di Sdn 4 Ampelgading
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik