Electronic Resource
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Materi Perbandingan Di Kelas Vii Smp Nasional Malang Tahun Pelajaran 2018 / 2019
Hasil belajar siswa rendah disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Salah satu cara yang dapat diupayakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam meningkatkan hasil belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Siswa dituntut untuk saling berpendapat dan mengemukakan pendapatnya masing – masing.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Nasional Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Nasional Malang pada materi Perbandingan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus yang masing – masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes objektif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila rata-rata kelas meningkat dari pra siklus, siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada saat pratindakan 53,52 meningkat menjadi 69,58 pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 78,80. Selain itu dari data observasi diperoleh sebelum diberikan tindakan siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Setelah diberikan tindakan siswa terlihat aktif pada saat pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Nasional Malang dengan menerapkan langkah – langkah spesifik CIRC sebagai berikut: (a) salah satu anggota kelompok membacakan soal, (b) satu sama lain membuat prediksi atau menafsirkan isi soal termasuk apa yang diketahui, (c) saling membuat ikhtisar atau rencana penyelesaian soal, (d) menyusun langkah – langkah penyelesaian soal secara urut dan menulis penyelesaian soal, (e) saling memeriksa penyelesaian soal tersebut. Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat dijadikan sebagai variasi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.
21345879/SB/2024 | KKI 510 ALI m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain