Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Materi Perbandingan Di Kelas Vii Smp Nasional Malang Tahun Pelajaran 2018 / 2019

Electronic Resource

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Materi Perbandingan Di Kelas Vii Smp Nasional Malang Tahun Pelajaran 2018 / 2019

Alisia Rosari Daria - Nama Orang; Drs. Djoko Adi Susilo, M.Pd - Nama Orang; Rosita Dwi Ferdiani, S.T.,S.Pd.,M.Pd - Nama Orang;

Hasil belajar siswa rendah disebabkan oleh kegiatan pembelajaran yang masih didominasi oleh guru. Salah satu cara yang dapat diupayakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam meningkatkan hasil belajar yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Siswa dituntut untuk saling berpendapat dan mengemukakan pendapatnya masing – masing.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Nasional Malang.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Nasional Malang pada materi Perbandingan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini berlangsung dalam dua siklus yang masing – masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes objektif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan apabila rata-rata kelas meningkat dari pra siklus, siklus I dan siklus II.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Matematika siswa mengalami peningkatan. Hal tersebut ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata kelas yaitu pada saat pratindakan 53,52 meningkat menjadi 69,58 pada siklus I kemudian meningkat lagi pada siklus II menjadi 78,80. Selain itu dari data observasi diperoleh sebelum diberikan tindakan siswa terlihat kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Setelah diberikan tindakan siswa terlihat aktif pada saat pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII D SMP Nasional Malang dengan menerapkan langkah – langkah spesifik CIRC sebagai berikut: (a) salah satu anggota kelompok membacakan soal, (b) satu sama lain membuat prediksi atau menafsirkan isi soal termasuk apa yang diketahui, (c) saling membuat ikhtisar atau rencana penyelesaian soal, (d) menyusun langkah – langkah penyelesaian soal secara urut dan menulis penyelesaian soal, (e) saling memeriksa penyelesaian soal tersebut. Saran yang dapat diajukan adalah model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dapat dijadikan sebagai variasi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.


Ketersediaan
21345879/SB/2024KKI 510 ALI m/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 ALI m/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xiv, 131hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Penerapan
Pendidikan Matematika
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition Pada Materi Perbandingan Di Kelas Vii Smp Nasional Malang Tahun Pelajaran 2018 / 2019
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik