Electronic Resource
Pengembangan E-Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Segiempat Dan Segitiga Kelas Vii
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book berdasarkan aspek kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. E-book ini merupakan sebuah media pembelajaran yang menyajikan ilmu pengetahuan dan bisa diakses melalui pembelajaran jarak jauh menggunakan smartphone, laptop atau alat pembaca digital yang lain. Media e-book ini dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep siswa, pemahaman konsep merupakan penyerapan arti suatu materi yang dipelajari dan ditunjukkan dalam memahami konsep dalam melakukan prosedur yang tertata. Media e-book ini berisi materi segiempat dan segitiga yang mempelajari mengenai pengertian, jenis, sifat sifat dan rumus.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Adapun langkah-langkah pengembangan media pembelajaran ini melalui 5 tahap : (1) Analysis (2) Design (3) Development (4) Implementation (5) Evaluation. Penelitian ini melibatkan 22 peserta didik kelas VII SMP Al-Islam Prigen dan 2 peserta didik SMPN 2 Prigen sebagai subyek uji coba media, serta dosen dan guru sebagai ahli validator media. Angket validasi digunakan kepada ahli materi dan ahli media untuk menguji kelayakan media, angket respon pengguna (guru dan siswa) digunkan untuk menguji kepraktisan dan hasil tes belajar untuk menguji keefektifan media.
Hasil penelitian pengembangan adalah: (1) Hasil validasi materi, dan media memperoleh presentase masing-masing adalah 93,75% dari ahli materi, 82,7% dari ahli media, dengan kategori “sangat layak”. (2) Hasil kepraktisan media pada respon pengguna (guru), uji coba kelompok kecil dan besar (siswa) memperoleh persentase masing-masing adalah 97,3% dari hasil angket respon pengguna guru, 91,7% dari hasil angket respon pengguna siswa uji coba kelompok kecil dan 95,8% hasil dari angket respon pengguna siswa uji coba kelompok besar dengan katagori “sangat praktis”. (3) Hasil keefektifan media pada uji coba kelompok kecil memperoleh ketuntasan belajar mencapai 100% dengan kategori “sangat efektif”, sedangkan pada uji coba kelompok besar memperoleh ketuntasan belajar mencapai 100% dengan kategori “sangat efektif”.
21345868/SB/2024 | KKI 510 IMA p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain