Electronic Resource
Pengembangan E-Modul Berbasis Open Ended Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar
Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya bahan ajar yang digunakan siswa saat proses pembelajaran daring serta soal-soal yang disajikan masih bersifat tertutup atau hanya memiliki satu jawaban maupun penyelesaian. Sehingga siswa kesulitan memahami materi dan menyelesaikan masalah yang ditemukan karena sumber belajar yang masih terbatas. Selain itu, siswa cenderung tertarik dengan bahan ajar berbasis elektronik. Dengan masalah yang ditemukan, maka perlu adanya bahan ajar pendamping yang dapat menguatkan bahan ajar yang telah tersedia. Sehingga peneliti ingin mengembangkan bahan ajar inovatif berbasis elektronik yang memuat soal-soal bersifat terbuka atau memiliki jawaban maupun penyelesaian lebih dari satu yaitu E-Modul berbasis Open Ended.
Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Untuk mengetahui bahan ajar yang dikembangkan layak atau tidak digunakan dalam pembelajaran, maka dilakukan uji kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Uji kelayakan dilakukan oleh 2 ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Uji kepraktisan dilakukan oleh 1 guru dan 10 siswa kelas IV di SDN Purwodadi 04 Donomulyo. Uji keefektifan dilakukan oleh 10 siswa kelas IV. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman lembar validasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penilaian E-Modul berbasis Open Ended oleh ahli materi memperoleh presentase 77,78% dengan kategori “layak”, ahli media memperoleh presentase 83,33% dengan kategori “sangat layak”. Hasil respon guru terhadap E-Modul pada uji coba terbatas memperoleh presentase 88,89% dan respon siswa memperoleh presentase 94,72% dengan kategori “sangat praktis”. Selain itu, hasil uji keefektifan oleh 10 siswa memperoleh presentase 85%. Dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis Open Ended yang dikembangkan menggunakan model ADDIE layak digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas IV di sekolah dasar. E-Modul ini juga dapat meningkatkan berfikir kreatif siswa karena memberikan kesempatan siswa untuk menemukan dan mengkonstruksi masalah yang ditemukan secara mandiri.
21345826/SB/2024 | KKI 372 NIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain