Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan E-Modul Berbasis Open Ended Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar

Electronic Resource

Pengembangan E-Modul Berbasis Open Ended Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar

Nindi Nadiatul Hidayat - Nama Orang; Dyah Tri Wahyuningtyas, S.Pd., M.Pd, - Nama Orang; Yulianti, S.Pd.I., M.Pd. - Nama Orang;

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya bahan ajar yang digunakan siswa saat proses pembelajaran daring serta soal-soal yang disajikan masih bersifat tertutup atau hanya memiliki satu jawaban maupun penyelesaian. Sehingga siswa kesulitan memahami materi dan menyelesaikan masalah yang ditemukan karena sumber belajar yang masih terbatas. Selain itu, siswa cenderung tertarik dengan bahan ajar berbasis elektronik. Dengan masalah yang ditemukan, maka perlu adanya bahan ajar pendamping yang dapat menguatkan bahan ajar yang telah tersedia. Sehingga peneliti ingin mengembangkan bahan ajar inovatif berbasis elektronik yang memuat soal-soal bersifat terbuka atau memiliki jawaban maupun penyelesaian lebih dari satu yaitu E-Modul berbasis Open Ended.

Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan ADDIE. Untuk mengetahui bahan ajar yang dikembangkan layak atau tidak digunakan dalam pembelajaran, maka dilakukan uji kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Uji kelayakan dilakukan oleh 2 ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Uji kepraktisan dilakukan oleh 1 guru dan 10 siswa kelas IV di SDN Purwodadi 04 Donomulyo. Uji keefektifan dilakukan oleh 10 siswa kelas IV. Instrumen pengumpulan data menggunakan pedoman lembar validasi, wawancara dan angket. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penilaian E-Modul berbasis Open Ended oleh ahli materi memperoleh presentase 77,78% dengan kategori “layak”, ahli media memperoleh presentase 83,33% dengan kategori “sangat layak”. Hasil respon guru terhadap E-Modul pada uji coba terbatas memperoleh presentase 88,89% dan respon siswa memperoleh presentase 94,72% dengan kategori “sangat praktis”. Selain itu, hasil uji keefektifan oleh 10 siswa memperoleh presentase 85%. Dapat disimpulkan bahwa E-Modul berbasis Open Ended yang dikembangkan menggunakan model ADDIE layak digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas IV di sekolah dasar. E-Modul ini juga dapat meningkatkan berfikir kreatif siswa karena memberikan kesempatan siswa untuk menemukan dan mengkonstruksi masalah yang ditemukan secara mandiri.


Ketersediaan
21345826/SB/2024KKI 372 NIN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 NIN p/s
Penerbit
Malang : PGSD - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xv, 87hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
PGSD
Skripsi
E-Modul
Pendekatan Open Ended
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengembangan E-Modul Berbasis Open Ended Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik