Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Dengan Make A Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa

Electronic Resource

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Dengan Make A Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa

Ratna Reformita Putri - Nama Orang; Riski Nur Istiqomah D., M.Si - Nama Orang; Nur Farida, S.Pd., M.Pd - Nama Orang;

Pemahaman konsep merupakan poin pertama pada kecakapan matematika yang menjadi tujuan dalam belajar matematika mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas dan juga merupakan dasar untuk belajar matematika secara bermakna. Pembelajaran di sekolah selalu diawali dengan guru menerangkan materi dan memberi rumus kemudian contoh soal dan latihan soal yang hampir mirip. Jika soal yang diberikan guru berbeda atau diluar konteks yang diajarkan maka siswa akan mengalami kesulitan mengerjakannya karena merasa tidak paham dan bingung. Dengan demikian, menandakan pemahaman konsep siswa masihlah rendah.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perlakuan (treatment) dalam proses pembelajaran terhadap siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan make a match serta pengaruhnya terhadap pemahaman konsep siswa dibandingkan dengan pemahaman konsep siswa melalui pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII SMP Annur Bululawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimental (eksperimen semu). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dengan tes awal dan tes akhir, kemudian observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.
Hasil pengukuran dari uji validitas yang telah dilakukan dengan menggunakan Pearson Product Moment terhadap soal tes kemampuan pemahaman konsep siswa memperoleh hasil berturut-turut 0,450; 0,844; 0,591 dan dinyatakan valid. Hasil uji reliabilitas terhadap soal tes kemampuan pemahaman konsep siswa dengan menggunakan Alfa’s Cronbach diperoleh 0,729 dan soal tes dinyatakan reliabel. Hasil uji normalitas kemampuan pemahaman konsep siswa dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh nilai signifikan hasil posttest kelas eksperimen yaitu 0,058 > 0,05 sehingga data berdistribusi normal. Kemudian nilai signifikan hasil posttest kelas kontrol yaitu 0,63 > 0,05 sehingga data juga berdistribusi normal. Untuk uji homogenitas memperoleh signifikasi sebesar 0,865. Hal ini menunjukkan bahwa hasil posttest kemampuan pemahaman konsep siswa bersifat homogen karena nilai signifikasi 0,865 > 0,05.
Masing-masing nilai pretest dan posttest dari kedua kelas akan dicari perbedaan rata-rata pemahaman siswa. Hasil pengolahan data uji hipotesis rata- rata pemahaman konsep awal (pretest) siswa diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,019. Dinyatakan tidak ada perbedaan rata-rata pemahaman konsep awal siswa (pretest) kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil pengolahan data uji hipotesis rata-rata pemahaman konsep akhir (posttest) siswa diperoleh nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,832. Dengan demikian dinyatakan ada perbedaan rata-rata pemahaman konsep akhir siswa (Posttest) kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan paparan hasil penelitian diatas, model pembelajaran kooperatif tipe TAI dengan Make a Match dapat membuat kemampuan pemahaman konsep siswa menjadi lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Dari hasil temuan ini peneliti merekomendasikan kepada guru agar model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan make a match dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika.


Ketersediaan
21345819/SB/2024KKI 510 RAT p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 RAT p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2021
Deskripsi Fisik
xiv, 168hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Pemahaman Konsep
Model Pembelajaran kooperatif
Skripsi
Make a Match
Teorema Pythagoras
TAI
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Dengan Make A Match Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik