Electronic Resource
Pengembangan Game Mobil Petualang Kemerdekaan Tokoh Proklamasi Berbasis Karakter Nasionalis Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas
Penelitian ini dilatar belakangi pada proses pembelajaran berpaku pada buku teks pembelajaran, keterlibatan media yang kurang menarik, dan kurangnya penanaman karakter nasionalis. Hal ini mengakibatkan siswa tidak dapat memahami sepenuhnya memahami materi tokoh proklamasi, dan bagaimana karakter nasionalis pada setiap tokoh proklamasi, maka perlu adanya pengembangan media pembelajaran berupa game yang dapat menunjang proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) menjelaskan kelayakan game mobil pertualang kerdekaan tokoh proklamasi berbasis karakter nasionalis untuk siswa sekolah dasar kelas V, 2) menjelaskan kepraktisan game mobil pertualang kerdekaan tokoh proklamasi berbasis karakter nasionalis untuk siswa sekolah dasar kelas V, 3) menjelaskan keefektifan game mobil pertualang kerdekaan tokoh proklamasi berbasis karakter nasionalis untuk siswa sekolah dasar kelas V.
Metode penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model ADDIE dengan 5 tahapan yakni: analasis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implement), dan evaluasi (evaluate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Lowokwaru 5 Kota Malang. Instrument pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan data kuantitatif.
Game mobil pertualang kerdekaan tokoh proklamasi berbasis karakter nasionalis untuk siswa sekolah dasar kelas V berdasarkan hasil validasi materi memperoleh skor 95% dengan kategori layak, hasil validasi bahasa memperoleh 93% dengan kategori layak, hasil validasi media memperoleh 89% dengan kategori layak. Hasil validasi kepraktisan guru memperoleh 97% dengan kategori sangat baik, hasil kepraktisan siswa memperoleh 93% dengan kategori sangat baik dan hasil keefektifan siswa memperoleh 86 dengan kategori efektif. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa game mobil pertualang kerdekaan tokoh proklamasi berbasis karakter nasionalis untuk siswa sekolah dasar kelas V dapat dikategorikan layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran untuk menunjang keberhasilan tujuan pembelajaran.
21345814/SB/2024 | KKI 372 ZUL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain