Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika

Yos Yigibalom - Nama Orang; Rosita Dwi Ferdiania, ST.,S.Pd., M.Pd - Nama Orang; Tri Candra Wulandari, S.Pd. M.Pd - Nama Orang;

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar matematika di sekolah masih relatif rendah. Selama ini guru menyajikan materi matematika sering menggunakan metode ceramah dalam proses pembelajaran matematika, guru bertindak sebagai pemberi informasi, pembelajaran hanya berlangsung satu arah, aktivitas siswa hanya mendengar dan mencatat, siswa cenderung pasif, jarang bertanya, dan mengemukakan pendapat. Hal inilah yang menyebabkan siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga hasil belajar matematika tergolong rendah. Dengan diberlakukannya KTSP (kurikulum tingkat satuan pendidikan) di sekolah menuntut siswa untuk bersikap aktif, kreatif dan inovatif dalam pelajaran matematika. Sikap aktif, kreatif dan inovatif terwujud dengan menempatkan siswa sebagai siswa subyek pendidikan. Untuk mengantisipasi masalah tersebut berkelanjutan, maka perlu dicarikan formula pembelajaran yang tepat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Student Teams-Achievement Devision pada mata pelajaran matematika materi logaritma di kelas X MA Sunan Ampel Poncokusumo Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tahap perencanaan (Plan), mengobservasi (observe) dan merefleksi (reflect). Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, catatan lapangan dan tes akhir. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70.
Hasil dari penelitian ini bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat di lihat dari presentase hasil belajar. Hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari tes awal hingga siklus II yaitu, hasil belajar siswa pada saat tes awal dengan rata-rata 45,35 (16%), siklus I dengan rata-rata 61,25 (60%), siklus II dengan rata-rata 78,57 (92%). Jadi ada peningkatan nilai rata-rata sebanyak 17,32 (32%) pada siklus I ke siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran cooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), dapat meningkatkan hasil belajar siswa.


Ketersediaan
21345812/SB/2024KKI 510 YOS p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 YOS p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2018
Deskripsi Fisik
xiii, 158hlm 26cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Model Student
Team Achievement Division (STAD)
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik