Electronic Resource
Pengembangan Media Pop Up Book Animal Story Untuk Kemampuan Bercerita Anak Kelompok B Di Tk Model Kota Malang
Kemampuan bercerita merupakan cara penyampaian atau penyajian materi pembelajaran secara lisan dalam bentuk cerita dan anak mampu menyalurkan ekspresi dalam pembelajaran yang menyenangkan, mendorong aktivitas, inisiatif, dan kreativitas Kemampuan bercerita yang dimiliki anak-anak akan menggambarkan sejauh mana kemampuan perkembagan aspek bahasa anak
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pop up book animal story yang layak digunakan dalam kemampuan bercerita anak kelompok B Di TK Model Kota Malang.
Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 tahap, tetapi adanya keterbatasan waktu penelitian pengembangan menggunakan 5 tahapan yaitu: (1) potensi dan masalh; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi sebagai bukti keterlaksanaan uji validasi dengan presentase tabel kriteria tingkat kelayakan
Berdasarkan Hasil penelitian yang telah diuji dengan beberapa tahap yaitu tahap validasi ahli materi dan validasi ahli media memperoleh hasil yaitu: hasil presentase dari hasil validasi ahli materi 80,35% dan validasi media 95% pada kedua tahap validasi dalam kotegori “sangat layak”. Hal tersebut menunjukan bahwa media Pop up book animal story layak digunakan untuk kemampuan Bercerita Anak.
Maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media pop up book animal story sudah layak dan sangat baik digunakan untuk kemampuan bercerita anak kelompok B. penelitian ini dapat menjadi masukan dan bahan pertimbangan guru dalam mengajar pembelajaran aspek perkembangan bahasa dan sebagai bahan untuk meneliti lebih lanjut mengenai media pop up book animal story untuk aspek perkembangan lainnya.
21345810/SB/2024 | KKI 372 YOH p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain