Electronic Resource
Meningkatkan Kemampuan Memainkan Alat Musik Melalui Permainan Rebana Pada Anak Kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 02 Candirenggo Kecamatan Singosari Kabupaten Malang
Pembelajaran anak usia dini sebagian adalah seni. Mengenalkan anak pada alat musik merupakan hal yang cukup penting, karena dengan musik maupun alat musik tertentu maka anak akan lebih peka terhadap persepsi bunyi yang ada dilingkungan sekitar. Berdasarkan observasi awal pada proses pembelajaran di kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 02 Candirenggo dengan anak didik sejumlah 20, yaitu anak yang dapat memainkan alat musik misalnya memukul meja sebanyak 5%, anak yang mampu memukul meja atau galon namun masih belum mandiri sebanyak 40%, dan yang belum mampu / bisa memukul meja atau galon sebanyak 55%, oleh karena itu guru mengenalkan alat musik rebana agar anak bisa memainkannya.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan memainkan alat musik melalui permainan rebana pada anak kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 02 Candirenggo Kecamatan Singosari.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan diawali dengan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), mengobservasi (observing) dan melakukan refleksi (reflecting), kemudian berputar sampai terjadi perbaikan atau peningkatan yang diharapkan dengan menggunakan lembar observasi dan dokumentasi sebagai metode pengumpul data, sedangkan jumlah anak didik yang diteliti berjumlah 17.
Dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus, dan masing-masing siklus terdapat 2 kali pertemuan Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan memainkan alat musik melalui permainan rebana pada anak didik kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan 02 Candirenggo Kecamatan Singosari - Kabupaten Malang. Hal ini ditunjukkan kenaikan rata-rata peningkatan persiklus dengan rata-rata hasil, siklus 1 pertemuan 1 sebesar 48,5%, siklus 1 pertemuan 2 sebesar 55,8%, siklus 2 pertemuan 1 sebesar 64,6%, dan siklus 2 pertemuan 2 sebesar 80,1%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan alat musik rebana, kemampuan memainkan alat musik anak meningkat..
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah permainan rebana dapat meningkatkan kemampuan memainkan alat musik pada anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 02 Candirenggo –Kecamatan Singosari-Kabupaten Malang, permainan rebana dapat meningkatkan kemampuan alat musik pada anak didik kelompok B TK Dharma Wanita Persatuan 02 Candirenggo-Kecamatan Singosari-Kabupaten Malang. Saran bagi guru sebagai acuan dan masukan untuk guru dalam memberikan metode pembelajaran alat musik yang lain. Selain itu bagi peneliti selanjutnya dapat menggunakan media selain rebana untuk alat musik.
21345809/SB/2024 | KKI 372 YET m/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain