Electronic Resource
Pengembangan Media ICT (Information And Communication Technology) Karir Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa SMP/MTs
Perecanaan karir mejadi suatu hal yang penting karena dengan adanya perencanaan karir maka akan mengurangi ketegangan dan ketakutan individu dalam mencari informasi karir, pengambilan keputusan akan karir yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media ICT Karir untuk guru BK sebagai alat untuk menyampaikan layanan perencanaan karir siswa SMP/MTs.
Metode penelitian ini yaitu penelitian pengembangan. Prosedur penelitian pengembangan ini menggunakan prosedur penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini hanya terdiri atas tujuh Langkah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu daftar pertanyaan wawancara dan instrumen validasi. Data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media ICT Karir layak digunakan untuk layanan BK. Hal ini dibuktikan melalui (1) hasil validasi pakar “A” media ICT Karir termasuk dalam kriteria “sangat baik” dengan perolehan skor 3,7. (2) hasil validasi pakar “B” media ICT Karir termasuk dalam kriteria “cukup” dengan peroleham skor 2,3. (3) hasil validasi pakar “C” ahli Bahasa termasuk dalam kriteria “sangat baik” dengan perolehan skor 3,7. Berdasarkan tiga skor tersebut dapat diambil rata-rata yaitu 3,2 dengan kategori “baik”. Dengan demikian, media ICT Karir yag dikembangkan layak digunakan sebagai media untuk layanan BK.
Berdasarkan dari analisis yang telah dipaparkan di atas, peneliti dapat mengambil kesimpulan yakni media ICT Karir dapat digunakan konselor sebagai alat untuk menyampaikan layanan kepada siswa. Kelemahan media ICT Karir ini yaitu pemakaian media ICT Karir harus ada pendamping yakni konselor. Saran yang dapat digali dalam penelitian ini untuk peneliti selanjutnya adalah melakukan uji validasi karir ulang dan melakukan uji coba lapangan luas untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
21345772/SB/2024 | KKI 371.4 RIS p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain