Electronic Resource
Pengaruh Penggunaan Google Classroom Berbasis Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV Di SD Negeri Model Kota Malang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Google Classroom berbasis Think Pair Share terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri Model Kota Malang. Aplikasi online, seperti Google Classroom, Google Meet, Zoom, Google Form, dan Google Slide sangatlah diperlukan untuk mempermudah penyampaian materi dalam proses pembelajaran online.
Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan jenis penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan adalah nilai pretest dan posttest dari siswa kelas IV D yang dibagi menjadi kelas Daring1 dan kelas Daring2. Instrumen yang digunakan yaitu tes berupa soal pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental Design, dan rancangan penelitian Paired Sample T-Test.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada hasil belajar (Y) siswa saat pretest (X₁) dan pada saat posttest (X₂) yang menggunakan media Google Classroom berbasis model pembelajaran Think Pair Share di kelas IV SD Negeri Model Kota Malang. Berdasarkan hasil uji paired sample t-test kedua data ini memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini didukung dengan nilai signifikasi 2-tailed 0,00 < 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat Pengaruh Penggunaan Google Classroom Berbasis Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV secara signifikan dan valid. Hal ini dibuktikan pada rata-rata hasil belajar siswa yang meningkat, karena capaian rata-rata hasil belajar pada saat postest lebih besar dibandingkan hasil belajar pada saat pretest, yaitu pretest 68,50 dan posttest 90,96 . Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan Google Classroom Berbasis Think Pair Share “Berpengaruh” meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas IV SD Negeri Model Kota Malang.
21345770/SB/2024 | KKI 372 LIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain