Electronic Resource
Pengembangan Media Box Card Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kata Pada Anak Kelompok A Di Kb Tunas Bangsa Krebet Bululawang Malang
Pendidikan anak usia dini mencakup segala upaya dan tindakan yang dilakukan oleh pendidik dan orang tua dalam proses pengasuhan, dan pendidikan anak dengan menyediakan lingkungan di mana anak dapat mengeksplorasi pengalaman yang memungkinkan mereka untuk belajar dan memahami. Aspek-aspek perkembangan pada anak usia dini meliputi perkembangan bahasa, perkembangan nilai moral agama, perkembangan fisik motorik, perkembangan kognitif, perkembangan sosial emosional, dan seni. Salah satu aspek yang dikembangkan adalah aspek Bahasa. Mengenal kata adalah suatu kegiatan yang merangsang anak untuk mengenali, memahami, dan menggunakan simbol tertulis untuk berkomunikasi. Salah satunya media Box Card Picture yang dapat membantu aspek yang harus dikembangkan secara optimal.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan media Box Card Picture yang layak dalam meningkatkan kemampuan mengenal kata pada anak kelompok A di KB Tunas Bangsa Krebet Bululawang Malang.
Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari sepuluh tahap. Prosedur pengembangan terdiri dari dari 9 langkah yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain;(6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, angket, lembar observasi dan dokumentasi sebagai bukti keterlaksanaan serta aktifitas anak. Teknik anlisis data mengunakan skala deskriptif dengan presentase tabel kriteria tingkat kelayakan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuji dengan beberapa tahap yaitu tahap validasi ahli materi, validasi ahli media, uji coba lapangan utama, dan uji coba lapangan operasional memperoleh hasil yaitu; hasil presentase dari hasil validasi ahli materi 95%, validasi ahli media 94%, sedangkan uji coba lapangan 87,5% dan 92,78% yang semua itu dalam kategori “sangat layak”. Hal tersebut menunjukkan bahwa media Box Card Picture layak digunakan, sehingga dapat dikatakan kegiatan pada media Box Card Picture dapat meningkatkan kemampuan mengenal kata pada anak.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan media Box Card Picture sudah layak dan sangat baik digunakan untk perkembangan kemampuan mengenal kata kelompok A. Penelitian ini dapat menjadi masukan dan bahan pertimbangan guru dalam mengajar pembelajaran aspek perkembangan bahasa anak dan sebagai bahan untuk meneliti lebih lanjut mengenai media Box Card Picture untuk aspek perkembangan lainnya.
21344941/SB/2022 | KKI 372 WIL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain