Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii B SMP PGRIi 06 Malang

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii B SMP PGRIi 06 Malang

Vinsensius Agung - Nama Orang; Riski Nur Istiqomah D,M.Si. - Nama Orang; Drs. Timbul Yuwono, S.Si.,M.Pd - Nama Orang;

Bimbingan biasanya dilakukan dalam bentuk pemberian bantuan, motivasi, arahan dan nasehat agar siswa mampu mengatasi, memecahkan masalah yang dihadapi. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk berpikir kritis, aktif dan kreatif adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning. Dalam Model PBL memiliki langkah- langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Mengorientasi siswa pada masalah (2) Mengorganisasi siswa untuk belajar (3) Membimbing penyelidikan atau pengamatan kepada individual dan kelompok (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII B SMP PGRI 06 Malang khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tahun pelajaran 2018/2019 semester genap. Penelitian ini terjadi menggunakan dua siklus, masing-masing siklus mempunyai prosedur antara lain: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan oleh nilai yang diperoleh setelah diberi siklus I meningkat dibandingkan dengan tes awal yakni 70,08 menjadi 73,58. Selanjutnya, nilai rata-rata siswa pada pelaksanaan siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa pelaksanaan siklus I yaitu 73,58 menjadi 76,70 dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 82,35% siswa telah mendapat nilai minimal 75. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP PGRI 06 Malang.


Ketersediaan
21345765/PB/2024KKI 510 VIN p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 510 VIN p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Matematika - Unikama., 2019
Deskripsi Fisik
xv, 94hlm 26cm
Bahasa
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Hasil belajar
Skripsi
Pembelajaran kooperatif tipe PBL
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik