Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii B SMP PGRIi 06 Malang
Bimbingan biasanya dilakukan dalam bentuk pemberian bantuan, motivasi, arahan dan nasehat agar siswa mampu mengatasi, memecahkan masalah yang dihadapi. Salah satu model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk berpikir kritis, aktif dan kreatif adalah dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning. Dalam Model PBL memiliki langkah- langkah pembelajaran sebagai berikut: (1) Mengorientasi siswa pada masalah (2) Mengorganisasi siswa untuk belajar (3) Membimbing penyelidikan atau pengamatan kepada individual dan kelompok (4) Mengembangkan dan menyajikan hasil karya dan (5) Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar matematika kelas VIII B SMP PGRI 06 Malang khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) tahun pelajaran 2018/2019 semester genap. Penelitian ini terjadi menggunakan dua siklus, masing-masing siklus mempunyai prosedur antara lain: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan oleh nilai yang diperoleh setelah diberi siklus I meningkat dibandingkan dengan tes awal yakni 70,08 menjadi 73,58. Selanjutnya, nilai rata-rata siswa pada pelaksanaan siklus II meningkat dibandingkan dengan nilai rata-rata siswa pelaksanaan siklus I yaitu 73,58 menjadi 76,70 dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu 82,35% siswa telah mendapat nilai minimal 75. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP PGRI 06 Malang.
21345765/PB/2024 | KKI 510 VIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain