Electronic Resource
Pengaruh Metode Bercerita Untuk Pembentukan Empati Anak 5-6 Tahun Di Tk Dharma Wanita Persatuan 01 Desa Bakalan Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang
Anak adalah generasi penerus bangsa. Maju mundurnya suatu bangsa ditentukan oleh keberadaan anak di masa sekarang maupun masa yang akan datang. Kondisi anak yang lemah secara emosional menjadi dampak buruk dan cermin yang negatif bagi kemajuan suatu bangsa. Peranan lingkungan sosial yang baik, memberi dampak positif pada anak sehingga anak memiliki jiwa sosial dan mempunyai kemampuan menyesuaikan diri dengan baik. Anak yang mampu menyesuaikan diri dengan keluarga, teman sebaya maupun lingkungan sosial lainnya akan menampakkan perilaku yang baik terhadap diri sendiri maupun orang lain dalam pembentukan empatinya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode bercerita dalam pembentukan empati pada anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Persatuan 01 Desa Bakalan Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang.
Rancangan yang digunakan dalam penelitian pre experimental design dengan bentuk one group pretets-postets design yang melibatkan 20anak sebagai sampel. Penentuan sampel dilakukan secara random. Pengumpulan data dilakukan selama dan setelah proyek diberikan, dengan menggunakan lembar observasi empati dan dokumentasi dari setiap kegitan penelitian. Analisis data uji prasyarat analisis dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh pembentukan empati antara anak yang belajar based menggunakan metode bercerita dengan disertai gambardengan nilai Fhitung 180.637 sebesar pada taraf signifikan .000< 0,05.
Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bahwa adanya pengaruh penggunaan metode bercerita terhadap pembentukan empati anak usia 5-6 tahun. Disarankan untuk pembelajaran pembentukan empati dapat menggunakan metode cerita.
21345761/SB/2024 | KKI 372 THE p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain