Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Brain Bassed Learning (Bbl) Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Kelas 4 Sdn Tanjungrejo 5 Kota Malang Tahun Pelajaran 2017/2018
Pelaksanaan pembelajaran IPA di Sekolah Dasar hendaknya dilaksanakan melalui kegiatan penyelidikan sederhana bukan hafalan terhadap konsep, prinsip atau teori IPA sehingga siswa dituntut untuk memahami konsep IPA dengan benar dengan mengoptimalkan kerja otak. Model Brain Based Learning (BBL) menawarkan sebuah konsep untuk menciptakan pembelajaran dengan berorientasi pada upaya pemberdayaan potensi otak siswa sehingga pemahaman konsep siswa dapat ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Brain Bassed Learning terhadap pemahaman konsep mata pelajaran IPA Kelas 4 SDN. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One Group Pre-Test Post-Test, Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa pada kelas 1V A sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas 1V B sebagai kelas kontrol di SDN Tanjungrejo Kota Malang. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pemahaman konsep dan dianalisis menggunakan uji T).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Brain Bassed Learning terhadap pemahaman konsep mata pelajaran IPA Kelas 4 SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang dengan taraf signifikan 0,002 < 0,05. Kesimpulan penelitian ini terdapat pengaruh model pembelajaran Brain Bassed Learning terhadap pemahaman konsep mata pelajaran IPA Kelas 4 SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang. Bagi guru IPA SDN Tanjungrejo 5 Kota Malang disarankan untuk menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan seperti pembelajaran Brain Based Learning (BBL) untuk meningkat Pemahaman Konsep Siswa. Bagi peneliti yang akan mengadakan penelitian, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan penelitian selanjutnya serta menggali lagi tentang pembelajaran Brain Based Learning untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.
21345755/SB/2024 | KKI 372 SIL p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain