Electronic Resource
Pengembangan Video Stop Motion Musik Ansambel Pentatonis Pada Mata Pelajaran Sbdp Untuk Siswa Sekolah Dasar
Kegiatan pembelajaran di SDN Watesnegoro 1 Kabupaten Mojokerto saat pandemi COVID-19 dilaksanakan secara blended learning. Pada kegiatan pembelajaran online tersebut guru masih menggunakan bahan ajar dalam bentuk cetak. Berdasarkan permasalahan, peneliti melakukan pengembangan video stop motion musik ansambel pentatonis pada mata pelajaran SBdP kelas V di SDN Watesnegoro 1 Kabupaten Mojokerto. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dari pengembangan, kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelajaran video stop motion.
Penelitian ini menggunakan data kualitataif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D yang terdiri dari pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Pada tahap pertama yaitu define dilakukan analisis awal, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan penyusunan standar tes, pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Dalam tahap development dilakukan validasi ahli dan uji coba pengembangan. Tahap terakhir yaitu disseminate yang dilakukan dengan mengunggah hasil video stop motion ke youtube peneliti.
Video stop motion musik dinyatakan sangat layak dengan persentase ahli materi 90%, persentase ahli media 92,5%, persentase ahli bahasa 92,5%. Video stop motion dinyatakan sangat praktis berdasarkan angket respon guru yang memperoleh persentase 82% dan penilaian uji coba terbatas dari 10 siswa yang memperoleh persentase 88,5% serta uji coba luas dari 20 siswa memperoleh persentase 92%. Pada tahap uji keefektifan video stop motion dinyatakan sangat efektif berdasarkan perolehan skor rata-rata siswa dalam uji coba terbatas memperoleh persentase 94% dan uji coba luas memperoleh persentase 97,5%. Penelitian ini diharapkan bermanfaat dan menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya.
21345753/SB/2024 | KKI 372 RUR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain