Electronic Resource
Peningkatan Ketrampilan Menulis Permulaan Menggunakan E- Lkpd (Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik) Berbasis Flip Book Pada Masa Pandemi Covid-19 Peserta didik Kelas 1 SD Anak Saleh Kota Malang
Pandemi COVID-19 merupakan musibah yang memilukan seluruh penduduk bumi. Indonesia merupakan salah satu negara terdampak wabah menjadikan social distancing danphysical distancing sebagai kebijakan pembatasan jarak sosial dan fisik berdampak pada penghentian proses pembelajaran di sekolah. Hal ini berdampak pada ketrampila nmenulis permulaan siswa kelas1 SD Anak Saleh sangat rendah. Penggunan e-lkpd berbasis flip book dapat membantu siswa latihansecara mandiridi rumah. Sehingga dapat meningkatkan ketrampilan menulis permulaan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakankeals (PTK). Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1B SD Anak Saleh Malang pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2020-2021 yang berjumlah 28 siswa . Prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi tes dan observasi.
Hasil Penelitian menunjukkanbahwa persentase ketuntasan belajar ketrampilan menulis meningkat dari 35.7% yang tuntas pada siklus I menjadi 89,3% siswa yang tuntas pada siklus II. Dengan demikian, ketrampilan menulis permulaan mengalami peningkatan sebesar 53,6%. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-lkpd berbasis flip book pada masa pandemic covid-19 dapat meningaktkan ketrampilan siswa kelas1 SD Saleh Malang.
21345749/SB/2024 | KKI 372 PAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain