Electronic Resource
Pengembangan Media Audio Visual Pada Materi Ipa Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam Di Indonesia Untuk Melatih Kemandirian Belajar Siswa Di Sekolah Dasar
Media Audio Visual tentang materi IPA Pelestarian Kekayaan sumber daya alam di Indonesia merupakan alat pembelajaran yang membantu guru untuk menyampaikan sebuah materi pembelajaran yang telah dimodifikasi dalam bentuk animasi bergerak dan bergambar yang bisa dilihat dengan jelas oleh siswa sehingga akan menarik perhatian siswa dan menambah pengetahuan siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan kemenarikan dari produk media pengembangan Audio Visual yang telah dibuat.
Penelitian ini menggunakan tahap-tahap model pengembangan ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan (development), perancangan (implementasi), dan evaluasi. Analisis data tersebut menggunakan angket validasi yang diberikan ahli materi, ahli media, ahli bahasa, praktisi guru kelas IV dan siswa kelas IV.
Hasil uji validasi dari pakar ahli Materi mendapat skor sebesar 94,3 % dalam kategori Sangat layak , sedangkan dari hasil validasi dari pakar Media mendapat skor sebesar 84,3% berkategori sangat layak dan dari pakar ahli Bahasa mendapatkan skor sebesar 84,6% berkategori sangat layak. Uji Kepraktisan melalui guru praktisi mendapat skor sebesar 84,35% dalam kategori sangat layak, sedangkan uji kemenarikan melalui siswa SD kelas IV mendapat skor sebesar 93% berkategori sangat Layak. Berdasarkan hasil uji validitas, kevalitan, kepraktisan dan kemenarikan maka media audio visual pada materi IPA Pelestarian kekayaan sumber daya alam di Indonesia Sangat Layak untuk digunakan.
21345745/SB/2024 | KKI 372 NOR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain