Electronic Resource
Pengaruh Model Pembelajaran Pyfac (Play, Fun, Active, And Creative) Terhadap Prestasi Belajar Tematik Peserta Didik Kelas Iii Sdn Blimbing 4 Malang
Salah satu perubahan perilaku peserta didik pada saat pembelajaran adalah peserta didik pasif, ramai sendiri dan berkelahi dalam pembelajaran karena pendidik sering menggunakan metode konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PyFAC (Play, Fun, Active, And Creative) terhadap prestasi belajar tematik pada peserta didik kelas III SDN Blimbing 4 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experiment . Desain penelitian adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah sampling jenuh yaitu peserta didik kelas IIIA sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas IIIB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes pre-test dan post-test. Uji instrumen penelitian melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran soal, dan daya beda. Uji prasyarat penelitian melalui uji normalitas dan Uji homogenitas, sedangkan untuk uji hipotesis menggunakan t-test.
Hasil penelitian ini menunjukkan penggunaan model pembelajaran PyFAC (Play,Fun,Active, And Creative) memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar kelas eksperimen yang ditunjukkan nilai sig. 0,013 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (sig. < 0,05). Jadi, proses pembelajaran harus menggunakan model pembelajaran yang variatif
21345744/SB/2024 | KKI 372 NIN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain