Electronic Resource
Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar
Tujuan dari penelitian0ini adalah mendiskripsikan proses 1berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi bangun rvang sisi datar. Data yang dianalisis adalah lembar jawaban berpikir kritis hasil wawancra dan catatan0 lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VIIIC SMP N2 Wagir dengan jumlah 32 siswa yang terdiri dari siswa perempuan 27 orang dan 5 siswaa laki-laki. Pada penelitian0 ini ada tiga kategori yang dipilih adalah, kategori tinggii, kategori sedaang dan kategorii rendah. Hasil analisis berpikir kritis siswa yang dapat disimpulkan dari penelitian ini adalah hasil tes menunjukkan 11 siswa pada kategori tinggii, 9 siswa pda kateg0ri sedang1 dan 6 sisswa pada kategori rendah. Dan rata-rata siswa mampu menjawab soal tes sesuai dengan indikat0r berpikir kritis matematis antara lain: menuliskann apa yang diketahui dan ditanya pada soal0 yaitu 85,8%, menganalisis 96%, mengevaluasi 97,4%, dan menginferensi 30,7%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah lebih dari 50% siswa mampui berpikir kritis matematis dalam menyelesaikan s0al bangun ruang sisi datar. Dalam penelitian ini juga ditemvkan masih ada siswa yang berada pada kateg0ri rendah dan kateg0ri sedang. Diharapkan dengan adanya penelitian ini kedepannya dapat menjadi referensi untuk peneliti selanjutnya dan menjadi acuan agar lebih banyak memberikan banyak soal latihan yang membuat cara berpikir siswwa lebih kritis lagi.
21345743/SB/2024 | KKI 510 WIN a/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain