Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X TKJ-5 SMK Negeri 10 Kota Malang Tahun Ajaran 2015/2016

Electronic Resource

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X TKJ-5 SMK Negeri 10 Kota Malang Tahun Ajaran 2015/2016

Maria Luruk - Nama Orang; Drs. Choirul Huda, M.Si - Nama Orang; Drs. Solikhan, S.Si.,M.Pd. - Nama Orang;

Berdasarkan hasil oservasi, bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran fisika di kelas X TKJ-5 SMKN 10 Malang sering menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan kemampuan komunikasi rendah sehingga prestasi belajar siswa juga rendah. Sehingga dalam hal ini peneliti menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X TKJ-5 SMK Negeri 10 Malang. Pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah siswa secara kelompok mendiskusikan permasalahan yang diberikan, selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian, memberikan tugas secara individu kepada siswa. Kelompok yang memperoleh skor tertinggi akan mendapatkan penghargaaan.
Tujuan penelitian ini yaitu 1. Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). 2. Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi fisika siswa kelas X TKJ-5 SMKN 10 Malang. 3. Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X TKJ-5 SMKN 10 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan melalui proses pengkajian bertahap yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I materi yang diberikan adalah Hukum Pascal. Pada siklus II materi yang diberikan adalah Hukum Archimedes.
Berdasarkan analisis hasil penelitian Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 74,38% dan pada siklus II 88,58%. Dari kemampuan komunikasi siswa pada siklus I 56,99 % sedangkan pada siklus II 79,1 %. Sedangkan pada prestasi belajar fisika yang telah dicapai oleh siswa, rata-rata prestasi belajar pada pra tindakan 65, yang memenuhi KKM adalah 14 siswa atau 41,18 %, pada siklus I rata-rata prestasi siswa 68,13 yang memenuhi KKM adalah 19 siswa atau 55,88 %, pada siklus II rata-rata prestasi siswa 75,15, yang memenuhi KKM adalah 26 siswa atau 76,47 %
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dan prestasi belajar siswa.


Ketersediaan
21345738/SB/2024KKI 530 MAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 530 MAR p/s
Penerbit
Malang : Pendidikan Fisika - Unikama., 2016
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
530
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Prestasi Belajar
Skripsi
Kemampuan Komunikasi
Model Pembelajaran Tipe STAD
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Harap masuk untuk melihat lampiran
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik