Electronic Resource
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatife Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X TKJ-5 SMK Negeri 10 Kota Malang Tahun Ajaran 2015/2016
Berdasarkan hasil oservasi, bahwa metode yang digunakan dalam pembelajaran fisika di kelas X TKJ-5 SMKN 10 Malang sering menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan kemampuan komunikasi rendah sehingga prestasi belajar siswa juga rendah. Sehingga dalam hal ini peneliti menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan komunikasi dan prestasi belajar fisika siswa kelas X TKJ-5 SMK Negeri 10 Malang. Pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah siswa secara kelompok mendiskusikan permasalahan yang diberikan, selanjutnya masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka secara bergantian, memberikan tugas secara individu kepada siswa. Kelompok yang memperoleh skor tertinggi akan mendapatkan penghargaaan.
Tujuan penelitian ini yaitu 1. Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions). 2. Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi fisika siswa kelas X TKJ-5 SMKN 10 Malang. 3. Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa kelas X TKJ-5 SMKN 10 Malang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilaksanakan melalui proses pengkajian bertahap yang terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I materi yang diberikan adalah Hukum Pascal. Pada siklus II materi yang diberikan adalah Hukum Archimedes.
Berdasarkan analisis hasil penelitian Keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 74,38% dan pada siklus II 88,58%. Dari kemampuan komunikasi siswa pada siklus I 56,99 % sedangkan pada siklus II 79,1 %. Sedangkan pada prestasi belajar fisika yang telah dicapai oleh siswa, rata-rata prestasi belajar pada pra tindakan 65, yang memenuhi KKM adalah 14 siswa atau 41,18 %, pada siklus I rata-rata prestasi siswa 68,13 yang memenuhi KKM adalah 19 siswa atau 55,88 %, pada siklus II rata-rata prestasi siswa 75,15, yang memenuhi KKM adalah 26 siswa atau 76,47 %
Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa dan prestasi belajar siswa.
21345738/SB/2024 | KKI 530 MAR p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain