Electronic Resource
Peranan Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Menumbuhkan Jiwa Nasionalisme Pada Siswa Smas Pgri 02 Kembayan
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskriptif objektif tentang, peranan guru mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam menumbuhkan jiwa nasionalisme pada siswa SMAS PGRI 02 Kembayan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan data yang diperoleh yakni melalui hasil wawancara maka jenis penelitian ini adalah penelitian deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitina ini yaitu dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi; Pengumpulan data; Reduksi data; Display data; Verifikasi dan Penegasan kesimpulan.
Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa; Perencanaan penanaman nilai-nilai nasionalisme pada siswa di SMAS PGRI 02 Kembayan dilaksanakan dengan program kerja nasionalisme dalam rencana aksi sekolah (RAS). Program kerja tersebut memiliki 3 target dalam penanaman nilai-nilai nasionalisme yaitu melalui; Pengintegraian nilai nasionalisme ke dalam mata pelajaran, kegiatan terprogram dan pembiasaan atau selalu menerapkan nilai-nilai nasionalisme kedalam kehidupan sehari-hari.
SMAS PGRI 02 Kembayan telah melaksanakan penanaman nilai-nilai nasionalisme dengan menyisipkan nilai-nilai dan materi nasionalisme menggunakan metode, media dan sumber yang telah dirancang oleh guru. Selain melalui pembelajaran juga dilaksanakan melalui kegiatan terprogram dengan melaksanakan kegiatan memperingati hari besar nasional, bakti sosial, ekstrakurikuler dan menghias kelas dengan tema nasionalisme.
Penilaian pendidikan nasionalisme dititikberatkan kepada keberhasilan penerapan nilai-nilai dalam sikap dan perilaku peserta didik sesuai dengan nilai-nilai nasionalisme yang diterapkan dan diamalkan dalam kehidupan di kelas dan lingkungan sekolah. Penilaian yang dilakukan oleh guru melakukan penilaian berdasarkan pengamatan atau observasi terhadap perilaku atau sikap siswa.
Keberhasilan penanaman nilai-nilai nasionalisme di SMAS PGRI 02 Kembayan terlihat dari perubahan sikap dan perilaku siswa dengan menjuarai lomba cerdas cermat nasionalisme yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Sanggau, Propinsi Kalimantan Barat. Penanaman nilai-nilai nasionalisme pada siswa di SMAS PGRI 02 Kembayan menemui beberapa hambatan, diantaranya masih terbatasnya pengetahuan guru tentang penanaman nilai-nilai nasionalisme terutama dalam penyusunan perangkat pembelajaran, serta sarana prasarana yang belum lengkap.
21345736/SB/2024 | KKI 371.114 JAN p/s | Perpustakaan Unikama | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain