Digital Library

Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

  • Beranda
  • Penghitung Jumlah Pengunjung
  • Informasi
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Pengembangan Permainan Foot Prints Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok A Di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Deswa Bakalan Kacamatan Bululawang Kabupaten Malang

Electronic Resource

Pengembangan Permainan Foot Prints Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok A Di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Deswa Bakalan Kacamatan Bululawang Kabupaten Malang

Maria Yunensia Oja - Nama Orang; Mochammad Ramli Akbar, S.Psi.,M.Pd - Nama Orang; Siti Muntomimah, M.Pd - Nama Orang;

Pendidikan anak usia dini merupakan suatu usaha yang diperuntukkan untuk anak lahir – 6 tahun yang dilaksanakan dengan memberi rangsangan pendidikikan untuk membantu tumbuh kembang jasmani dan rohani, agar anak mempunyai kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pada masa itu anak mengalami perkembangan yang sangat cepat dan tidak terulangi lagi, oleh karena itu lingkungan dibutuhkan untuk membantu seluruh aspek perkembangan anak ( Permendikbud Nomor 2014). Pembelajaran PAUD mengembangkan 6 aspek perkembangan tersebut yaitu nilai agama dan moral, kognitif, fisik motorik, bahasa, sosial emosional dan seni. Semua aspek tersebut bernilainya dan penting bagi setiap anak. Keenam aspek ini dapat dioptimalkan menggunakan dengan macam – macam kegiatan belajar.
Berdarsarkan latar belakang dikemukakan diatas maka dirumuskan masalah dalam penelitian ini sebagai berikut : Apakah pengembangan permainan foot prints layak digunakan untuk meningkatkan aspek kognitif anak usia dini kelompok A (4-5) Tahun di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Desa Bakalan Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengembangan permainan foot prints layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Desa Bakalan Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan model pengembangan Borg & Gall (2017).Prosedur pengembangan terdiri dari 9 langkah yaitu: (1) Potensi dan Masalah; (2) pengumpulan data; (3)desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9)revisi produk. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Angket, serta Dokumentasi sebagai bukti pelaksanaan serta aktifitas anak.teknik analisis data menggunakan skala Guttman (deskriptif) dengan persentase tabel kriteria tingkat kelayakan.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah diuji dengan beberapa tahap yaitu tahap validasi materi, tahap validasi media, uji coba lapangan utama, serta uji coba lapangan operasional memperoleh hasil yaitu, hasil presentase dari validasi ahli materi 82,3%, validasi ahli media,77,9 %, sedangkan uji lapangan utamal 82,14 % uji lapangan operasional 97,22% semua itu tergolong dalam kategori “sangat layak”. Hasil tersebut menunjukkan bahwa permainan foot prints sangat layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan permainan foot prints sudah layak dan sangat baik digunakan untuk pengembangan kemampuan kognitif anak usia dini kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Desa Bakalan Kecamatan Bululawang Kabupaten Malang. Penelitian ini dapat menjadi masukkan dan bahan pertimbangan guru dalam meningkatkan aspek kognitif serta bahan untuk meneliti lebih lanjut mengenai permainan foot prints dan perkembangan aspek lainnya.


Ketersediaan
21344942/SB/2022KKI 372 MAR p/sPerpustakaan UnikamaTersedia
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
KKI 372 MAR p/s
Penerbit
Malang : PG PAUD - Unikama., 2022
Deskripsi Fisik
xiii, 84hlm 26 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
372
Tipe Isi
text
Tipe Media
PDF
Tipe Pembawa
-
Edisi
1
Subjek
Skripsi
Permainan Foot Prints ,Kognitif
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • Pengembangan Permainan Foot Prints Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok A Di TK Dharma Wanita Persatuan 1 Deswa Bakalan Kacamatan Bululawang Kabupaten Malang
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

Digital Library
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

Perpustakaan Universitas PGRI Kanjuruhan Malang, menyajikan bahan-bahan referensi yang bisa dijadikan referensi untuk civitas akadmika dan umum. silahkan manfaatkan koleksi bahan pustaka yang ada untuk menunjang Pendidikan, Penelitian, dan untuk menambah wawasan kita

Satistik Data Pengunjung Web

Hari Ini : 1 Minggu Terakhir : 1 Bulan Terakhir : Seluruh :

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik